(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Washer adalah kompenen berbentuk plat tipis dengan lubang di bagian tengah atau lebih di kenal dengan nama Ring. Komponen ini digunakan untuk mendistribusikan beban tekan baut pengencang secaa merata pada permukaan komponen atau benda yang disatukan.

Berikut informasi peran penting washer pada motor dari Part Manager PT Tunas Dwipa Matra (TDM) Pradana T. N :

  1. Mencegah Kebocoran.
  2. Mengikat dan mengunci baut dengan permukaan komponen yang di satukan agar tidak mudah kendor.
  3. Melindungi permukaan duduk atau komponen yang di satukan dari kerusakan atau aus.
  4. Menstabilkan permukaan duduk/kompenen yang disatukan atau merendam guncangan.
  5. Mertakan distribusi beban tekanan kencang
  6. Mengatur jarak pengencangan :

Karena setiap bagian sepeda motor yang dikencangkan dengan baut memiliki beragam kondisi, maka washer pun dibuat dengan beragam jenis dan bentuk berbeda. Perbedaan jenis dan bentuk washer ditentukan pada material bahan, beban serta getaran yang timbul pada komponen yang disatukan.

Washer Oli harus di ganti karena pada saat di kencangkan ikut tertekan dan menciptakan efek penyegelan cairan. Jika tidak di ganti bisa mengakibatkan crank case retak, dudukan baut dol dan lainnya. Hal tersebut juga dapat terjadi apabila washer yang digunakan kualitasnya buruk, sehingga disarankan menggunakan washer original, harga washer original di AHASS terbilang sangat murah hanya 1.200 rupiah dengan part number 9410912000 [WASHER, DRAIN PLUG, 12MM]. Beberapa contoh bagian yang wajib dilakukan penggantian washer diantaranya pada saat ganti oli mesin.

Perlu diingat pula, seiring pemakaian sepeda motor pada beragam kondisi jalan dan cuaca, performa komponen-komponen sepeda motor akan berkurang. Karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan secara rutin di bengkel AHASS terdekat supaya setiap komponen sepeda motor bisa tetap berfungsi dan bekerja secara optimal.(*)