(pelitaekspres.com) – BANDAR LAMPUNG – Darma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Lampung (Unila) mengikuti kajian keislaman dari Darma Wanita Persatuan Ditjen Diktiristek dengan tema “Merawat Cinta Keluarga Samara (Sakinah Mawadah Warahmah), Mengenal Konsep Mubadalah (Kesalingan) antara Suami Istri dalam Perspektif Islam”.

Pengajian tersebut digelar di ruang sidang utama gedung rektorat dan terkoneksi via Zoom Meeting pada Jumat, 31 Mei 2024, dengan menghadirkan Ustazah Khairuna Dr. Hj. Ida Novianti, M.Ag., sebagai penceramah.

Di hadapan seluruh tenaga kependidikan dan anggota pengurus Darma Wanita Unit Unila yang hadir, Ida Novianti menjelaskan konsep mubadalah (kesalingan) adalah relasi kerja sama antara suami istri dalam menjalankan peran dalam rumah tangga. \

Mubadalah menekankan peran perempuan dan laki-laki dalam rumah tangga harus memiliki kesetaraan dalam menjalankan tugas rumah tangga.

Ia juga menjelaskan ada lima pilar dalam mubadalah, yaitu komitmen pada ikatan janji yang kokoh sebagai amanah Allah subhanahu wa taala, prinsip berpasangan dan kesalingan, perilaku saling memberi kenyamanan dan kerelaan, saling memperlakukan dengan baik, dan saling berdiskusi.

“Dalam kehidupan rumah tangga, suami dan istri sudah terikat hak dan kewajiban. Untuk menjalankan hak dan kewajiban ini perlu konsep mubadalah, yaitu saling mengerti, menyayangi, dan bekerja sama,” ungkapnya.

Kegiatan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dan menjadi informasi baru bagi ibu-ibu DWP Unila dalam menjaga rumah tangga mereka dengan konsep mubadalah.

Hal itu bertujuan agar mereka mampu mewujudkan keluarga samara dengan rida Allah subhanahu wa taala, serta menjadi amal jariah bagi semua pihak yang terlibat. [Daffa Alsa Pradika]

 

Tinggalkan Balasan