(pelitaekspres.com) -BUNTOK- Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja mengajak generasi muda khususnya kalangan pelajar dan pemuda untuk terus meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka mendukung pembangunan negara Indonesia dimasa depan bisa lebih baik lagi.

“Diera saat ini para generasi muda dapat meningkatkan semangat juang dengan mengisi kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain,” ujarnya di Buntok, Rabu (20/3/2024).

Ia menerangkan, para pelajar dan pemuda dapat menunjukkan semangat juang melalui peningkatan prestasi diberbagai bidang sesuai kemampuan masing-masing, sebab, ada beberapa faktor yang menjadi tantangan kalangan generasi muda diera digital sekarang, seperti mudah terpengaruh dengan teman bergaulnya, lingkungan tempat tinggal dan masih banyak hal lainnya yang membuat jiwa mereka goyah.

“Disinilah peran kita, baik sebagai orang tua, keluarga, maupun guru yang bisa membimbing mereka dengan menanamkan nilai-nilai pancasila, agar mereka tidak terjerumus dalam kegiatan yang negatif, sehingga mereka memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas jiwa nasionalisme,” terang Wakil Ketua Komisi III DPRD Barsel itu.

Ia menuturkan, seiring dengan perkembangan zaman sekarang jiwa nasionalisme dikangan pelajar dan pemuda di Indonesia banyak yang hilang, hanya sebagian kalangan generasi muda yang masih memiliki jiwa nasionalisme serta idealisme yang tinggi.

Ke depannya, lanjutnya, dalam mempertahankan jiwa nasionalisme dikalngan generasi muda tersebut akan semakin sulit, karena dinamika dan problema kehidupan semakin komplek yang secara tidak langsung dapat menyebabkan hilangnya jiwa nasionalisme dalam diri seseorang.

“Kami berharap ke depannya jiwa nasionalisme para generasi muda di Indonesia khususnya di Kabupaten yang bersemboyan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dapat lebih baik lagi,” tutur Bhaskarogra.

Ia mengatakan, salah satu wujud dari masih adanya jiwa nasionalisme dalam diri seseorang, dapat dilihat dari sikap dan perilakunya sehari-hari yang menunjukkan rasa cinta tanah air dan bangga dengan bangsa Indonesia.

“Semoga para generasi muda kita yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi akan selalu merasa bangga dengan kebangsaan yang dimilikinya, terutama dengan apa yang dimilki daerah kita, dengan harapkan mereka dapat mempertahankan dan melestarikan peninggalan para leluhur kita terdahulu,” kata Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja. (Rin).

 

Tinggalkan Balasan