(pelitaekspres.com) – TAMIANG LAYANG- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial (DPMDSos) Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengadakan rapat koordinasi untuk menyepakati jadwal penyaluran Dana Desa (DD) tahap II Tahun 2024.

Rapat tersebut dihadiri oleh Inspektorat Bartim, Kasi PMD Kecamatan se-Bartim, Tenaga Ahli P3MD Bartim, Pendamping Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Bartim Kegiatan ini dilaksanakan di aula pertemuan DPMDSos setempat pada Rabu (15/5/2024).

Rakor yang dibuka oleh Plt. Kadis PMDSos Bartim, Osa Awatano, melalui Sekretaris Cristian Pantamei bahwa rapat koordinasi ini bertujuan agar menyamai persepsi setiap kegiatan dan pertanggungjawaban desa yang didampingi dan juga dalam rangka menyepakati salur tahap II, baik DD, ADD dan DBHPRD untuk kegiatan.

Cristian Pantamei itu juga membahas terkait penegasan dalam pembuatan surat pertanggungjawaban keuangan tahap I yang diserahkan kepada pemerintah kecamatan, penegasan pembayaran pajak desa, dan hal-hal yang dianggap perlu.

“Sehingga hasil laporan kepada pemerintah kabupaten dan pusat sama dan sesuai dengan permintaan yang diharapkan,” jelasnya

“Untuk salur tahap II, realisasi dana desa atau DD tahap I sudah dilaksanakan 80 persen, SPJ selesai dan diserahkan kepada pemerintah kecamatan secara tertulis bukti fisik, selesai rekon aset desa tahun 2023, dan rampung setor pajak tahap I dan sisa pajak tahun 2023,” ujarnya.

Cristian juga menekankan pentingnya koordinasi dengan OPD terkait jika ada permasalahan.

Cristian meminta agar TA, PL, dan PLD P3MD membantu dalam pemetaan permasalahan serta penyelesaian pekerjaan.

“Pendampingan dari pihak pendamping lokal desa, pendamping desa, dan tenaga ahli P3MD sangat penting dalam memantau dan melakukan monitoring serta evaluasi kepada desa bersama pemerintah kecamatan dan daerah” jelasnya

“Keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban desa,” tutupnya (HY)

Tinggalkan Balasan