(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPM U) Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Lampung (Unila) menggelar kegiatan upgrading dan pelantikan 325 staf ahli, di Aula Fakultas Pertanian, Sabtu, 30 Maret 2024.

Kegiatan diadakan sebagai bentuk pengenalan dan pembekalan staf ahli DPM Unila untuk memaksimalkan tugas dan wewenang DPM Unila melalui program kerja yang telah dirancang.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi dan pembacaan sumpah janji staf ahli sebagai bentuk keterikatan dengan keluarga besar DPM Unila.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan dan memberikan pesan agar terus mengharumkan nama Unila.

“Tetap jaga nama baik almamater Unila melalui kegiatan positif. Semoga staf ahli yang dilantik benar-benar memiliki loyalitas tinggi dan kapasitas mumpuni dalam mengemban tanggung jawab pada DPM Unila maupun kampus kita tercinta,” ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan tilawah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta sambutan WR III, sambutan Ketua DPM Unila Rafli Albin Farid, pembacaan SK dan sumpah janji, dilanjutkan penyampaian materi optimalisasi peran legislator yang disampaikan Ahsanul Khotam, serta materi kepemimpinan oleh Alimir Rahman CB, S.Psi.

Materi pertama, Ahsanul Khotam menyampaikan pokok bahasan terkait pengertian lembaga legislatif, perbedaan legislatif dan legislator, tugas seorang legislator, serta upaya mengoptimalkan peran seorang legislator.

Ia menanamkan pemahaman bahwa seorang legislator harus mempunyai pemahaman yang cukup sebagai landasan utama dalam bergerak serta perlunya ruang dalam berekspresi.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dan evaluasi kinerja DPM Unila sebagai lembaga legislatif tertinggi di tatanan keluarga besar mahasiswa.

Materi kedua, Alimir Rahman menyampaikan pokok bahasan terkait pengertian kepemimpinan dan pemimpin, tugas, skill, serta sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin.

Ia menekankan empat hal inti dari skill kepemimpinan di antaranya, kesadaran diri, komunikasi, dan pengaruh, serta meningkatkan kemampuan belajar dan beradaptasi dengan cepat ketika menghadapi situasi atau tantangan baru.

Kegiatan turut dihadiri DPM Fakultas Pertanian, DPM Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan DPM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta diikuti semua staf ahli DPM Unila yang terpilih.

Kegiatan diharapkan dapat membekali para staf ahli terpilihbagar dapat menjadi pionir di lingkungan Unila, serta mampu menjalankan fungsi legislasi dan fungsi pengawasan sesuai tugas dan wewenang DPM Unila secara maksimal.(Red)