Home / DAERAH / Dongkrak Ekonomi Warga, Ratusan Juta DD Tiyuh Sido Makmur Tubaba Diserap Program Ketahanan Pangan

Dongkrak Ekonomi Warga, Ratusan Juta DD Tiyuh Sido Makmur Tubaba Diserap Program Ketahanan Pangan

(pelitaekspres.com) –TUBABA – Sejumlah masyarakat Tiyuh (Desa) Sido Makmur, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akhirnya merasakan secara langsung manfaat Dana Desa (DD) tahun 2022 ini.

Mereka merasakan DD itu melalui program prioritas Tiyuh Sido Makmur yang dikucurkan lewat anggaran Ketahanan Pangan berupa bibit pertanian atau perkebunan.

Redi Afrizal, Kepala Tiyuh Sido Makmur mengatakan pembagian berbagai jenis bibit itu telah direalisasikan kepada masyarakat pada beberapa bulan lalu.

“Ketahanan pangan selesai direalisasikan tahap II. Alhamdulillah warga sebagian besar sudah menikmati hasil pembagian bibit yang jangka pendek,” ujar Redi kepada wartawan Senin, 21 November, 2022.

Kepala Tiyuh juga mengungkap sempat akan mengalokasikan anggaran itu untuk pengadaan hewan ternak, namun lantaran mereka telah memiliki sumber pendanaan lain maka dialihkan ke bibit tersebut.

“Sempat mau kita alokasikan ke hewan ternak, tapi di Tiyuh sudah ada dana afirmasi yang di alokasikan ke pembelian ternak kambing,” Ungkapnya.

Menurut Redi, dengan terealisasinya dana ketahanan pangan ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakatnya ditengah pemulihan dampak pandemi Covid-19 lalu.

“Jadi kita arahkan ke pembibitan tumbuhan yang bisa panen jangkapendek dan jangka panjang. Bibit yang telah disalurkan berupa sayur mayur, cabai, terong, tomat dan buah alpukat,” tandas Redi seraya menyatakan anggaran ketahanan pangan mencapai sekitar 140 juta rupiah.

Selain penyaluran DD pada program ketahanan pangan, Pemerintah Tiyuh setempat juga telah merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 82 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Diketahui hari ini, puluhan masyarakat itu menerima BLT peruntukan bulan Oktober dan November yang terealasasikan senilai Rp 300.000 per satu bulannya.(Iz/Marwasi)

About admin adminku

Check Also

RS Belleza-Teras Senja Kembali Gelar Baksos dan Pengobatan Gratis Bagi Lansia

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG — Manajemen Rumah Sakit (RS) Belleza Bandar Lampung kembali menggelar bakti sosial …

Tinggalkan Balasan