(pelitaekspres.com) – ASAHAN – Adam Rizky akhirnya berhasil dipulangkan dari Malaysia kepada sang kakek Sunardi di Dusun II, Desa Bahung Sibatu-batu, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan.

Kepulangan bocah 4 tahun tersebut disambut sang kakek didampingi Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Asahan, Dinas P2KBP3A Kabupaten Asahan, dan KPAD Kabupaten Asahan di bandara Kuala Namu, Sabtu (25/5/2024).

Setibanya di rumah sang kakek, Adam Rizky disambut haru oleh keluarga dan tetangga sekitar.

Pemulangan anak berusia 4 tahu ini berawal dari informasi yang disampaikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sumut.

Kemudian, BP2MI Sumut memberikan informasi kepada Disnaker Kabupaten Asahan tentang keberadaan Adam Rizky yang telah dititipkan di KBRI.

“Dan, kami selidiki ternyata memang warga Bahung Sibatu-batu,” kata Kepala Disnaker Kabupaten Asahan Meilina Siregar kepada wartawan.

Pemulangan anak berusia 4 tahun ini juga berdasarkan kesepakatan Sunardi sebagai kakek Adam Rizky untuk dapat mengasuh Adam Rizky nantinya.

“Makanya, setelah proses yang lama dari bulan 11 sampai kemaren itulah baru selesai dari Mahkamah di Malaysia. Kemudian, tadi diserahterimakan (Adam Rizky) dari anggota KBRI kepada kakeknya langsung,” jelasnya.

Sebelumnya, Adam Rizky bersama kedua orang tuanya bernama Trisnawati dan Rizal tinggal di Malaysia. Kedua orang tua Adam Rizky ini diduga bekerja secara ilegal di negeri jiran tersebut.

Namun, sekitar bulan November 2023 yang lalu, diduga karena takut terjaring razia polisi Malaysia, Trisnawati dan Rizal meninggalkan Adam Rizky di sebuah kontrakan di Malaysia.

“Orang tua Adam Rizky mungkin ilegal bekerja di Malaysia. Tapi kita tidak dapat kabar lah. Yang pasti, yang terbaik lah ini yang kita kerjakan,” tutur Meilina.

Sementara itu, terkait keberadaan orang tua Adam Rizky, Sunardi berharap, agar pemerintah dapat menemukan anak dan menantunya tersebut.

“Terima kasih kepada pemerintah yang telah berusaha memulangkan cucu kami dengan selamat. Kami juga berharap, agar pemerintah dapat menemukan Trisnawati dan Rizal di Malaysia,” tutupnya.

Diketahui, orang tua Adam Rizky hingga kini belum diketahui keberadaannya pasca razia yang dilakukan oleh polisi Malaysia. (Ana)

Tinggalkan Balasan