(pelitaekspres.com) – BATANG – Dalam menyambut arus mudik Lebaran 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Satlantas Polres Batang telah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap armada bus yang akan digunakan. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa kendaraan yang digunakan dalam perjalanan mudik benar-benar prima dan aman bagi penumpang.

Kabid Lalu Lintas Dishub Batang, Yustinus Gandi, menjelaskan bahwa pemeriksaan rutin, atau yang biasa disebut dengan ram check, dilakukan secara ketat untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut layak digunakan di jalan raya. Pemeriksaan mencakup berbagai aspek, mulai dari kelengkapan surat kendaraan hingga kondisi fisik bus itu sendiri.

“Kami cek langsung SIM, STNK, perizinan, rem hingga tekanan ban, lampu dalam kondisi layak dan normal,” ujarnya, Rabu (6/3/2024).

Menurut Yustinus, selama pemeriksaan, tim mengecek kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK, dan perizinan lainnya. Selain itu, aspek keselamatan seperti kondisi rem, tekanan ban, dan lampu juga diperiksa dengan teliti untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan normal.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, seluruh perlengkapan kendaraan masih dalam kondisi baik. Hal ini tidak terlepas dari upaya pengelola armada yang secara berkala melakukan uji kendaraan. Dengan demikian, keselamatan penumpang dapat terjamin sepanjang perjalanan.

“Kami cek langsung SIM, STNK, perizinan, rem hingga tekanan ban, lampu dalam kondisi layak dan normal,” ucap Yustinus, usai melakukan ram check, di salah satu armada bus pariwisata, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang,.

Kanitkamsel Satlantas Polres Batang, Iptu Muntasir, memberikan imbauan kepada para sopir untuk tetap menjaga kesantunan dan keamanan dalam berkendara.

“Tidak perlu ugal-ugalan mengejar waktu, tapi utamakanlah keselamatan penumpang sampai tujuan,” jelasnya.

Sesuai dengan arahan dari Kakorlantas, para sopir diingatkan untuk selalu mengikuti arahan petugas lalu lintas, terutama dalam hal waktu masuk dan keluar jalur tol. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelancaran dan keamanan selama perjalanan. (*)