Home / Komando / Dandim 0619/Purwakarta; Selain Ekonomis BIOS 44 Juga Multifungsi Manfaatnya

Dandim 0619/Purwakarta; Selain Ekonomis BIOS 44 Juga Multifungsi Manfaatnya

(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Kodim 0619/Purwakarta, terus gelorakan manfaat pupuk BIOS 44 baik kepada petani, peternak dan pembudidaya ikan di masing – masing wilayah teritorial Kodim 0619/Purwakarta.

Berawal dari edukasi, sosialisasi dan pengembangan serta menciptakan lahan kritis dan kosong menjadi lahan produktif seperti di sejumlah demplot ketahanan pangan kodim 0619/PWK.

“Untuk membuktikan pupuk BIOS 44 Kodim 0619/PWK telah membuat demplot Hanpangan di sejumlah wilayah diantaranya memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan peternakan ikan air tawar dengan metode bioflok di wilayah teritorial Koramil 02/Plered, di wilayah Koramil 04/Campaka kita manfaatkan lahan kritis bekas galian menjadi lahan pertanian produktif dan di wilayah teritorial Koramil 05/Jatiluhur BIOS juga dapat di manfaatkan sebagai nutrisi pakan ikan selain dari metode bioflok juga di Kolam jaring Apung (KJA),” ujar Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi, Kamis (8/12/2022).

Dijelaskannya, guna mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan Nasional, Kodim 0619/PWK telah melaksanakan edukasi dan sosialisasikan manfaat dari pupuk BIOS 44 kepada Para Camat dan Kepala Desa yang tergabung dalam APDESI Kabupaten Purwakarta juga telah bekerjasama dengan PT Abang Ijo.

“Hasil dari edukasi dan sosialisasi tersebut para Camat dan Kepala Desa sangat tertarik dan akan turut serta mensosialisasikan langsung kepada para petani maupun ke kelompok tani, karena selain ekonomis pupuk BIOS 44 juga multifungsi manfaatnya,” terang Dandim Purwakarta.

Sementara itu, sambung Danramil 04/CPK Kapten Arm Bambang Priambodo, saat mendampingi Tim BIOS Kodam III/Siliwangi mengatakan, berkat kerjasama dengan PT Abang Ijo, Kodim 0619/PWK dapat memanfaatkan lahan kritis bekas galian menjadi lahan pertanian yang produktif hasil dari BIOS 44.

“Kami optimis BIOS 44 dapat mengubah lahan kritis bekas galian menjadi lahan pertanian produktif di lokasi PT. Abang Ijo sehingga kami jadikan lokasi Demplot Hanpangan Kodim 0619/PWK,” kata, Kapten Arm Bambang.

Lebih lanjut Pasi Ter Kodim 0619/Purwakarta Kapten Arm I Komang Sutrisna menambahkan, Di wilayah Kabupaten Purwakarta, para petani dan para kelompok tani, baik itu petani padi, palawija dan peternak maupun pembudidaya ikan, telah mengenal dan mengetahui hasil dari keunggulan BIOS 44, selain ekonomis juga multifungsi manfaatnya.

“Sementara hasil pendistribusian dan penggunaan BIOS 44 pertanggal 8 Desember  2022 di Koramil jajaran Kodim 0619/PWK dari stok BIOS 44 DC sebanyak 3279 Liter, pengeluaran BIOS 105 Liter dan sisa stok BIOS hari ini sebanyak 3174 Liter. Semoga para petani mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan,” ucapnya. (DR)

 

About admin adminku

Check Also

Wakapolda Lampung Diwakili Kabid Humas Polda Lampung, Dengarkan Aspirasi Jum’at Curhat Warga Hanura

(pelitaekspres.com) –PESAWARAN- Waka Polda Lampung Brigjen Pol Dr Umar Efendi .S.I.K ,.M.Si Melaksanakan Jum,at Curhat …

Tinggalkan Balasan