Home / OTOMOTIF / TDM-MOTOR / Coolant Eksperimen, Sebuah Edukasi

Coolant Eksperimen, Sebuah Edukasi

(pelitaekpres.com) –LAMSEL- Bagaimana sebaiknya memiliih cairan pendingin mesin atau cairan radiator. Ada yang bilang yang paling bagus radiator coolant atau coolant khusus pendingin mesin.

Namun, tak sedikit juga yang  mengatakan, lebih bagus memilih  air AC,  karena hasil dari H2O murni belum tercemar mineral.Di sisi lain, ada yang bilang lebih  baik pilih air keran, karena murah meriah dan mudah didapat.

Nah, memang masih ada perdebatan dalam memilih cairan pendingin mesin atau cairan radiator ini.Untuk membuktikan mana yang paling tepat,  perlu waktu dan alat khusus. Mau tahu caranya?

Yang paling simpel sebetulnya bisa dilakukan  dengan   eksperimen  sederhana. Yakni

1.Sediakan klip penjepit

2.Cairan coolant hijau merek Master Coolant.

3.Air Keran

4.Dua buah tempat merendam untuk air coolant dan air keran
Caranya :

Mulailah eksperimen  dengan menempatkan air coolant dan air keran pada wadah berbeda masukan satu klip kertas   pada masing-masing wadah  tersebut.Didiamkan selama 3 hari,

Hasilnya? Klip yang terendam di cairan coolant warna hijau itu tetap bersih seperti semula.

Sedangkan klip yang terendam di air keran terlihat berkarat.

Kesimpulan cairan coolant mampu menangkal terjadinya karat di logam. Sedangkan air keran memicu terjadinya oksidasi atau karat pada logam. Kalau di dalam mesin membuat water jacket di dalam blok mesin jadi berkarat.

Lantas, bagaimana dengan pemakaian air AC? Pemakaian air AC  tetap bisa menimbulkan karat di saluran water jacket. Bisa disimpulkan yang tidak mengundang karat atau menghambat korosi adalah cairan coolant.

Tapi ada syaratnya, asalkan pemakain coolant dari mesin baru belum terjadinya karat. Tutup Abdul – Servis Adisor TDM Honda Tanjung Bintang.(*)

About admin adminku

Check Also

Jangan Sampai Ketinggalan! Ada Cashback Dengan Membeli Motor Honda CB150R Di DAM Wayhalim

(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – DAM Way Halim kembali memberikan program menarik bagi konsumen setia Honda. Masih …

Tinggalkan Balasan