(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG-Center for Career and Entrepreneurship Development (CCED) Universitas Lampung (Unila) menggelar ministerial lecture bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Prof. Anwar Sanusi, Ph.D., Selasa, 30 April 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Student Center FEB Unila ini mengusung tema “Peluang dan Tantangan Pekerjaan di Era Society 5.0″, dan dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T., mewakili Rektor.

Dr. Eng Suripto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Unila untuk berkontribusi dan bersinergi dalam memecahkan persoalan ketenagakerjaan di Indonesia, khususnya peluang kerja untuk alumni Unila.

“Mudah-mudahan sinergitas ini bisa selalu berjalan dan menjadikan Indonesia lebih baik dalam menyiapkan generasi emas pada tahun 2045,” ujarnya.

Dr. Eng. Suripto juga menyampaikan, era society 5.0 merupakan konsep yang menekankan integritas teknologi digital dan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hal itu untuk mencapai masyarakat yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan berorientasi pada manusia.

“Dalam era ini, peluang dan tantangan pekerjaan seiring dengan perubahan landscape teknologi sosial-ekonomi harus dihadapi dan disiapkan,” jelasnya.

Peluang pekerjaan terdapat pada bidang teknologi, digitalisasi industri, dan kolaborasi kreatif antardisiplin. Tantangan yang akan dihadapi adalah kesenjangan keterampilan untuk mempersiapkan alumni yang terampil dan memiliki soft skill.

“Untuk mahasiswa Unila, teruslah belajar, berbenah, dan tidak ketinggalan dalam mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat bersaing,” ujarnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi berbagi bersama Prof. Anwar Sanusi, Ph.D., sebagai narasumber. Sesi ini membahas ketidaksesuaian antara tantangan dan peluang pasar kerja, di mana sering kali pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang dipelajari.

Prof. Anwar berpesan, kepada angkatan muda yang memasuki dunia kerja yang tidak sesuai dengan harapan, untuk selalu menjaga motivasi dalam diri. “Dalam dunia pasar kerja sangat kompetitif, yang terpenting adalah tidak menyerah dan jangan terlalu fokus pada kegagalan,” ungkapnya.(Red)

 

Tinggalkan Balasan