(pelitaekpres.com)-KEPULAUAN NIAS-Pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tak lama lagi atau satu bulan lagi ke depan, yakni pada 14 Februari 2024 Mendatang, Beberapa caleg dari sejumlah partai politik telah siap bertarung untuk merebut kursi legislatif seperti kursi di DPR RI Dapil II Sumut.

Dari informasi yang diperoleh di lapangan, Selasa (16/01/2024) menyebutkan bahwa, beberapa caleg dianggap berpeluang menduduki kursi legislatif yang mewakili Ononiha salah satunya Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dari Partai Demokrat, Idealisman Dachi dari Partai Golkar, Melianus Telaumbanua dari Partai NasDem, Leader Daeli dari Partai Perindo serta Turunan Gulo dan Be’esokhi Ndruru dari PDI Perjuangan.

Dari Ke-enam yang dianggap berpeluang itu, mengenai dukungan Drs. Sokhiatulo Laoli, MM nomor urut 10 pasti tidak khawatir dan selalu percaya diri. Kepercayaan itu mempunyai basis yang kuat. Apalagi, Mantan Bupati Nias selama dua periode dengan berjiwa membangun dan santun terhadap warganya.

Bukan hanya itu, di antara beberapa caleg dalam Partai Demokrat masih bisa optimis meraih suara terbanyak. Apalagi Partai Demokrat dari sisi Parliamentary Threshold (PT) ambang batas telah mencapai 4% pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Sedangkan, Idealisman Dachi yang merupakan Mantan Bupati Nias Selatan di Prediksi Juga berpeluang asalkan bekerja keras lagi untuk meraib simpatisan tetapi jika hanya di Wilayah Nias Selatan melakukan sosialisasi maka prediksi tersebut gagal total karena saingan beratnya dalam satu partai Golkar adalah Lamhot Sinaga (Incumbent).

Kemudian, Melianus Telaumbanua dari Partai Nasdem. Ianya baru mencaleg dan saingan beratnya Martin Manurung (Incumbent) yang masih duduk Anggota DPR RI sampai sekarang. Sedangkan, Turunan Gulo dan Be’esokhi Ndruru tak terlalu di Prediksi karena saingan keras mereka dari Partai PDIP itu adalah Sihar Sitorus, Trimedia Panjaitan, Rapidin Simbolon.

Prediksi terakhir adalah Leader Daeli dari partai Perindo masih belum mencapai Ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) sebesar 4% sehingga diragukan bisa tercapai mewakili Ononiha walaupun elektabitas lumayan tapi masih belum pernah nampak capaian kinerja memimpin di Kepulauan Nias.

Oleh karena itu, untuk menentukan pilihan demi tercapainya cita cita warga Kepulauan Nias agar ada utusan di Senayan. Maka ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum ikut serta dalam pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilih dengan baik pada pemilu 14 Februari 2024 yang akan datang.

  1. Kenali warna surat suara agar tidak keliru saat mencoblos:

– Surat suara Pilpres berwarna abu-abu

– Surat suara DPR berwarna kuning

– Surat suara DPD berwarna merah

– Surat suara DPRD Provinsi berwarna biru

– Surat suara DPRD Kabupaten/Kota berwarna hijau

  1. Tata cara mencoblos agar sah:

– Untuk surat suara Pileg, Anda bisa mencoblos caleg pilihan di kolom nomor atau nama.(Toro Harefa)