(pelitaekspres.com) – NIAS – Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si, hadiri kegiatan Gerakan Tanam Pisang Nias (Getapin) yang diselenggarakan oleh PT. Bank Sumut, bertempat di Kantor Desa Hilibadalu Kecamatan Sogaeadu, Selasa (21/05/2024).

Kegiatan yang bertajuk “Mari Tingkatkan Aksi Bangun Desa” ini merupakan program dari PT. Bank Sumut bertujuan memotivasi masyarakat desa untuk menggali potensi sektor pertanian khususnya budidaya pisang kepok agar menjadi komoditi yang memiliki nilai jual sehingga menjadi peluang bisnis dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pada kegiatan tersebut sebelumnya Bupati Nias bersama dengan Dirut PT. Bank Sumut meninjau kebun pisang milik Ama Mira Lombu yang merupakan warga Desa Hilibadalu. Kebun tersebut memiliki luas kurang lebih 5 hektar telah ditanami pisang kepok.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nias menginstruksikan Camat Sogaeadu untuk  mengumpulkan informasi terkait cara budidaya pisang, hama tanaman beserta obatnya dan tanah yang cocok untuk ditanami pisang. Informasi tersebut akan dibukukan dan dibagikan kepada masyarakat.

Usai meninjau kebun tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan tanam pisang oleh Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Dirut PT. Bank Sumut, Pimpinan Bank Sumut Cabang Gunungsitoli, Pimpinan Bank Sumut Cabang Pembantu Gido, Kaban Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Dinas Ketahaan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias, Camat Sogaeadu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Nias.

Direktur PT. Bank Sumut menyampaikan bahwa tujuan progam Gerakan Tanam Pisang Nias adalah memberikan edukasi kepada masyarakat cara budidaya pisang yang baik dan penjualan karbon sehingga mampu memberi penghasilan bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si menyampaikan apresiasi kepada PT. Bank Sumut atas program-programnya dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Nias.

Ia menekankan agar produktivitas pisang kepok di Kabupaten Nias lebih diprioritaskan terlebih dahulu. Karena pisang kepok memiliki keunggulan dan nilai jual yang tinggi.Harap Bupati Nias

Ia juga berpesan agar produksi pertanian khususnya produksi pisang memiliki kualitas yang bagus dan berdaya saing.

“Kami siap bekerjasama untuk mensukseskan program ini demi kemajuan Kabupaten Nias ke depan. Ini merupakan potensi sumber kehidupan sehinga visi dan misi Kabupaten Nias dapat kita wujudkan bersama-sama,” harapnya.

Selain Bupati Nias yang menghadiri kegiatan tersebut juga turut Hadir  Wakil Bupati Nias, Dirut PT. Bank Sumut, Pimpinan Bank Sumut Cabang Gunungsitoli, Pimpinan Bank Sumut Cabang Pembantu Gido, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat Sogaeadu, Forkopimka Kecamatan Sogaeadu, Kepala Desa Hilibadalu dan Tokoh Masyarakat/Agama Desa Hilibadalu, sumber niaskab.go.id. (Toro Harefa)

 

Tinggalkan Balasan