(pelitaekspres.com) –BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Kesehatan meresmikan pembangunan Puskesmas Suruhwadang Kecamatan Kademangan dan Gedung Baru UPT Puskesmas Talun. Peresmian ini dilaksanakan Bupati Blitar, Rini Syarifah secara langsung pada Senin (04/03/2024) di UPT Puskesmas Talun.

Dalam sambutannya, Mak Rini menyampaikan bahwa berdirinya Puskesmas Suruhwadang dan Gedung Baru UPT Puskesmas Talun merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Blitar untuk mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik. Hal ini juga selaras dengan keinginan masyarakat terhadap akses pelayanan kesehatan yang lebih dekat.

Lanjut Mak Rini juga menyatakan, bahwa Kecamatan Kademangan merupakan kecamatan terluas keempat dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Kecamatan Kademangan hanya memiliki 1 Puskesmas yaitu Puskesmas Kademangan yang berada di ujung utara Kecamatan Kademangan. Aksesnya cukup jauh terutama bagi 7 Desa yang berada di sebelah selatan Kademangan dengan kondisi geografis berupa dataran tinggi yang jarak tempuhnya mencapai 20 km.

Asisten Administrasi Umum Kabupaten Blitar Ir Mashudi saat meresmikan gedung baru Puskesmas Suruhwadang

“Maka dari itu, diperlukan pendekatan akses pelayanan kesehatan terutama bagi warga di wilayah Kademangan bagian selatan dengan cara peningkatan status Puskesmas Pembantu Suruhwadang menjadi Puskesmas Suruhwadang. Utamanya untuk 7 desa yakni Desa Suruhwadang, Desa Sumberjo, Desa Bendosari, Desa Maron, Desa Pakisaji, Desa Panggungduwet, dan Desa Kebonsari. ” jelas Mak Rini.

Lebih lanjut Mak Rini juga menyampaikan, Puskesmas Suruhwadang dibangun menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022 senilai 8,2 milyar sedangkan Gedung Baru Puskesmas Talun yang dibangun menggunakan DBHCHT Tahun 2023 sebesar 7,9 milyar.

‘Selain bangunan fisik, Puskesmas ini juga sudah terpenuhi peralatan kesehatan maupun ketenagaannya, bahkan semua regulasi yang diperlukan untuk operasional juga telah selesai,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Ir. Mashudi, Asisten Administrasi Umum mewakili Bupati Blitar dalam pemotongan pita tanda peresmian Gedung di Puskesmas Suruhwadang pada Selasa (05/03/2024). Selain itu, turut hadir pula beberapa pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar. (Kmf/Mst)