Home / OTOMOTIF / TDM-MOTOR / BERSIHKAN RANTAI MOTOR USAI TRABAS GENANGAN AIR

BERSIHKAN RANTAI MOTOR USAI TRABAS GENANGAN AIR

(pelitaekspres.com)BANDAR LAMPUNG Perawatan yang harus dilakukan dengan rajin membersihkan atau mencuci motor, terutama jika motor habis menerobos genangan atau lumpur.

Menurut Suroso, Kepala AHASS Astra Motor Imam Bonjol, ada beberapa bagian motor yang harus dibersihkan setelah motor kamu menerobos genangan atau meliawati jalan berlumpur.

  1. Rem

Mengingat letak rem yang berada di dekat roda membuatnya rentan terkena cipratan pasir hingga lumpur. “Jika dibiarkan tanpa membersihkannya, hal ini akan membuat kinerja rem menurun bahkan bisa menimbulkan bunyi decitan ketika motor di jalankan” kata Suroso. Untuk itu, pastikan setelah kamu berkendara melewati jalanan berlumpur, langsung bilas dan bersihkan seluruh bagian motor. Jangan lewatkan juga pada bagian remnya. Meskipun kecil, rem menjadi salah satu perangkat yang penting dalam berkendara agar kamu dapat mengurangi kecepatan selama di jalan.

  1. Blok Mesin

Lumpur yang mengenai bagian mesin juga bisa membuatnya bekerja kurang optimal. Hal ini dikarenakan, mesin harus melepaskan panas dari dalam. Jika bagian mesin terkena cipratan lumpur atau bahkan nyaris tertutup seluruhnya, tentu pelepasan panas ini tidak akan normal dan dapat menghambat kinerja motor.

  1. Gir dan Rantai

Motor yang sering kehujanan memiliki peluang lebih besar mengalami kerusakan pada bagian rantai dan girnya. Biasanya rantai dan gir akan cepat kering atau bahkan karatan. Hal yang sama juga berlaku apabila rantai motormu terselimuti oleh lumpur

  1. Tutup busi

Meskipun bentuknya kecil, busi memiliki kegunaan yang cukup penting. Ia berfungsi sebagai alat penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. Karenanya apabila sebuah tutup busi rusak karena air hujan atau lumpur, hal ini akan menghambat proses pengapian bahkan yang terparah bisa menyebabkan motormu mogok.

  1. Suspensi

Selanjutnya, ada juga suspensi yang rentan pula terhadap air hujan juga lumpur. Suspensi yang dibiarkan kotor biasanya akan mengeluarkan suara seperti berdecit ketika digunakan berkendara. Suspensi juga biasanya dibalut oleh minyak pelumas sehingga apabila terlalu sering terkena air hujan yang notabenenya memiliki kandungan garam, tentu akan membuatnya lebih cepat kering sehingga tidakakan berfungsi secara optimal.

Itulah beberapa bagian yang harus dibersihkan jika setelah motormu dipakai menerobos genangan atau meliwati jalan berlumpur.

About admin adminku

Check Also

Aplikasi MotoRan Mudahkan Pelayanan Untuk Konsumen Honda

(pelitaekspres.com) – PESAWARAN –  Honda Jaya Motor Gedongtataan, Pesawaran melakukan Edukasi aplikasi MotoRan kepada Konsumen …

Tinggalkan Balasan