(pelitaekspres.com) –LAMSEL- Bukan hanya di hari libur saja, pelaksanaan program bedah rumah tidak layak huni di Lampung Selatan (Lamsel), ternyata harus menempuh perjalanan yang terjal, berdebu, becek, berubang, dan bertebing. Bahkan, tak jarang rombongan Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto dan pejabat secara terpaksa harus berjalan kaki, menggunakan sepeda motor, hingga gunakan jasa ojek agar bisa tiba dititik lokasi rumah warga yang mendapatkan bantuan program bedah rumah tidak layak huni dari Pemkab Lamsel. Seperti pada pelaksanaan program bedah rumah warga di Kelurahan Way Urang Kalianda pada pukul 08.00 WIB, Sabtu (1-6-2024).

Untuk mencapai lokasi rumah warga, rombongan harus melalui jalan setapak sepanjang 1,5 Km, berdebu, dan kanan kiri jalan dipenuhi rerumputan tinggi. Akibat itu, kendaraan rombongan bupati tidak dapat melalui jalan setapak. Terpaksa, rombongan pejabat Lamsel harus gunakan motor agar tiba dititik lokasi rumah warga. Termasuk, Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto harus berjibaku menggunakan motor untuk tiba dilokasi rumah penerima bantuan.

Begitu pula, pelaksanaan bedah rumah di Desa Negeri Pandan Kalianda, rombongan bupati dan pejabat Lamsel harus melalui daerah yang sangat berdebu dengan sinar matahari yang begitu terik. Menyikapi kondisi itu, petugas pengawal perjalanan rombongan bupati dan pejabat Lamsel segera memberikan aba aba dan mengingatkan ke semua rombongan untuk menutup rapat rapat kaca jendela kendaraan dan berjalan secara perlahan dengan mengatur jarak agar jalan yang berdebu tidak mengganggu perjalanan rombongan. Namun tetap saja, debu jalan yang tebal sepanjang 0,5 Km tersebut, beterbangan ke udara sehingga mengotori menempel di bodi dan kaca kendaraan rombongan bupati dan pejabat.

“Ya, apa pun rintangan di perjalanan, kita harus tetap lanjut sampai ke titik lokasi rumah yang akan kita berikan bantuan bedah rumah. Ini, pelayanan kita untuk warga. Kalau pejabatnya gak mau turun melihat langsung kondisi masyarakat, ya gampang saja gak usah jadi pejabat,” tandas Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto ke para awak media, usai menyerahkan bantuan bedah rumah di Desa Negeri Pandan Kalianda.

Ya begitu juga media, lanjut Nanang, yang ikut sampe ke lokasi merasakan juga jalan berdebu, berpanas panasan, ke lokasi pakai motor, dan jalan kaki. “Perjalanan ke titik lokasi rumah warga tidaklah mudah, seperti yang dipikirkan. Makanya, agar kita tidak lelah dan tetap semangat kita dalam bekerja harus iklas. Lalu, pikiran dan hati kita harus menyatu bahwa apa yang sedang kita lakukan ini, semuanya untuk rakyat, utamanya membantu masyarakat Lamsel yang susah dan tak punya rumah yang layak huni dan jauh dari standar hidup sehat,” tukas Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto ketka birbicang akrab dengan para awak media, seusai penyerahan bantuan bedah rumah di titik ketiga di Desa Negeri Pandan, Kalianda.

Untuk diketahui, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, pada hari Sabtu ini menyerahkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) atau bedah rumah sebanyak 7 unit dalam sehari, Sabtu (1/6/2024).

Bantuan bedah rumah program Swasembada Rumahku yang berasal dari dana APBD itu, merupakan program yang diinisiasi dan dimotori langsung Bupati Lamsel H. Nanang Ernanto, dalam upaya Pemkab Lamsel untuk Program Pengentasan Kemiskinan Ektrim di Lamsel.

Dari 7 titik lokasi rumah warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah itu, semuanya diserahkan secara langsung oleh Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto ke warga penerima bantuan. Dari 7 titik itu, titik pertama, di Kelurahan Way Urang, titik kedua di Desa Buah Berak. Kemudian, 2 titik di Desa Kecapi dan 3 titik di Desa Negeri Pandan. (*)

Berikut daftar penerima bantuan bedah rumah di Kecamatan Kalianda:

  1. Fakhrurrozi Dusun Jati Dalam RT/RW 002/001Kelurahan Way Urang

2. Jumiyati Dusun Way Belerang RT/RW 005/003 Desa Buah Berak

3. Sa’adah Dusun Kecapi RT/RW 005/003 Desa Kecapi

4. Khairul Yusuf Dusun Kecapi RT/RW 005/003 Desa Kecapi

5. Suhaimi Dusun Lubuk Jukung RT/RW 010/006 Desa Negeri Pandan

6. Sepriwan Sepi RT/RW 011/006 Desa Negeri Pandan

7. Nurdi Sulaiman RT/RW 011/006 Desa Negeri Pandan (*)

Tinggalkan Balasan