Home / Pemprov / Apel Siaga, Pemprov Malut dan PPIHD Komitmen Berikan Layanan Terbaik Kepada Jemaah Haji

Apel Siaga, Pemprov Malut dan PPIHD Komitmen Berikan Layanan Terbaik Kepada Jemaah Haji

(pelitaekspres.com) -SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) melakukan apel siaga dalam rangka memastikan kesiapan pelayanan terhadap Calon Jemaah Haji (CHH) 1443 H/2022 M, bertempat di lapangan upacara Asrama Haji Ternate, Rabu (22/6/2022).

Diketahui, kurang lebih 250 orang telah menghadiri upacara tersebut, yakni Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir, Wakil Ketua DPRD, Muhammad Abusama, Ketua dan anggota Komisi Empat DPRD Malut, Kakanwil Kemenag, Sarbin Sehe, Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit, jajaran Dinas Perhubungan, petugas keamanan dari Polres Ternate, PPIHD Malut, Satpol PP, tim kesehatan, dan pengelola Asrama Haji Ternate.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir saat memimpin apel siaga mengatakan, bahwa pemerintah provinsi dan panitia haji harus selalu berkoordinasi terkait pelayanan jemaah haji tahun 2022.

“Seluruh tim PPIHD agar selalu membangun koordinasi antar bidang dalam menjalankan tugas, sehingga dapat meminimalisir kekurangan yang akan terjadi di lapangan,” pintanya.

Selain itu, lebih jauh Sekprov Samsuddin menjelaskan, kepada peserta apel siaga bahwa tujuan apel siaga kali ini merupakan untuk penyegaran bagi petugas haji, karena kurang lebih dua tahun PPIHD tidak melaksanakan pelayanan haji akibat covid-19.

Oleh karena itu, dalam memberikan layanan prima kepada Calon Jemaah Haji Maluku Utara, seluruh petugas, baik petugas keamanan, petugas kesehatan, petugas pelayanan di tempat karantina, petugas pelayanan konsumsi, dan petugas pelayanan transportasi diharapkan selalu siaga untuk memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji.

“Saya berharap, PPIHD dapat berkonsentrasi untuk melakukan pelayanan dengan baik, mulai dari proses keberangkatan sampai kepulangan para jemaah haji nanti,” tandasnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara, Sarbin Sehe yang juga sebagai Kepala Staf Urusan Haji, dalam laporannya menjelaskan kurang lebih dua tahun PPIHD Maluku Utara tidak melaksanakan layanan haji, karena hampir seluruh negara dilanda pandemi Covid-19. Namun, ada tahun 2022, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan untuk membuka kembali musim haji.

“Untuk kuota musim haji tahun 2022 hanya 1 (satu) juta orang. Dimana, didalamnya termasuk Indonesia dan untuk provinsi Maluku Utara mendapatkan kuota sebanyak 489 jemaah dan dua petugas haji,” jelas Mantan Kakandepag Kota Tidore Kepulauan ini.

Sementara, Koordinator Bidang Acara dan Publikasi PPIHD Maluku Utara, Rahwan K. Suamba, menyebutkan bahwa Calon Jemaah Haji asal Maluku Utara dibagi dalam dua kloter. Sedangkan, keberangkatan Calon Jemaah Haji dari Ternate menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dijadwalkan pada tanggal 25 dan 26 Juni 2022.

“CJH Malut yang tergabung dalam kloter 11 dan 12 akan diberangkatkan menuju asrama haji Sudiang pada hari Sabtu dan Minggu,” terangnya. (ais).

About admin adminku

Check Also

Resmi di Lantik Ahmad Usmarwi Kaffah Siap Membangun dan Memajukan Muara Enim

(pelitaekspres.com.com) -PALEMBANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru melantik H. Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM (Bham)., …

Tinggalkan Balasan