(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Enam puluh dua mahasiswa angkatan dua belas kelas Reguler dan kerja sama pada Program Studi (Prodi) Program Profesi Insinyur (PSPPI) dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) mengikuti kuliah perdana di aula kampus setempat, Rabu, 28 Februari 2024.

Kegiatan yang digelar secara hybrid ini dibuka resmi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., yang menyatakan komitmen Unila dalam mengembangkan pendidikan profesi, termasuk Profesi Insinyur dan Profesi Guru.

Dr. Suripto dalam sambutannya mengungkapkan, Unila sedang berupaya untuk memperluas program profesi dengan 32 prodi dalam rekognisi pembelajaran lampau (RPL) yang siap membuka program tersebut pada semester ganjil tahun 2024.

Ia juga menekankan pentingnya kesiapan mengikuti peraturan pemerintah yang diakui, sehingga program ini harus dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku. “Kita harus siap melaksanakan karena ini merupakan peraturan pemerintah yang sudah diakui,” ujarnya.

Dia juga berharap, setiap mahasiswa Profesi Insinyur Unila dapat meningkatkan kompetensi dan wawasan untuk dapat bersaing dengan sumber daya manusia dari mancanegara.

Ketua PSPPI Dr. Eng. Ir. Alexander Purba, S.T., MT., IPM. ASEAN Eng., melaporkan, mahasiswa program profesi insinyur angkatan dua belas semester genap TA 2023/2024 ini terdapat 26 mahasiswa kelas reguler dan 36 mahasiswa kelas kerja sama yang terdiri dari akademisi, pemerintahan, konsultan, BUMN, dan kontraktor.

Pembukaan program Profesi Insinyur ini juga dihadiri Dekan Fakultas Teknik beserta jajaran, Sekretaris LP3M, ketua prodi dan dosen di lingkungan FT Unila.(Red)