(pelitaekspres.com) – TUBABA – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-96 di Lapangan Upacara Pemerintah Daerah Kabupaten setempat, Senin (28/10/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara, saat membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Bupati Tubaba Drs. M. Firsada, M.Si., mengatakan bahwa nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 harus selalu didengung-dengungkan berkali-kali di setiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia.

Bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujutkan target-target Pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas.

“Sebagai subjek Pembangunan sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor Pembangunan Nasional bahkan pada agenda SGDs (Sustainable Development Goals) Perserikatan Bangsa Bangsa yang merupakan agenda global,” ucap Pj Bupati Tubaba saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan.

Selanjutnya, tem Peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Maju Bersama Indonesia Raya”. Tema ini menyampaikan pesan kepada semua untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

Upaya tersebut dilakukan dalam bentuk Upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan terkoordinasikan dengan sebaik-baiknya, baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah.

“Peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Peran ini diwujutkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujutkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” tambahnya.

Pada momentum peringatan hari sumpah pemuda kali ini, marilah kita bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan innovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

Saat ini, tantangan yang dihadapi semakin kompleks. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta berupaya untuk menjunjung tinggi toleransi dan saling menghargai.

“Mari kita wujudkan cita-cita dan harapan para pendahulu kita dengan semangat Sumpah Pemuda, sehingga kita bisa menjadi generasi yang tidak hanya mengandalkan impian, tetapi juga berani mewujudkannya,”pungkasnya.

Diketahui, Upacara Peringatan HSP ke-96 tersebut juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Tubaba, Pj Sekda Tubaba, Ketua TP PKK, Kepala BPS Tubaba, para Staf Ahli Bupati, Asisten Bupati, kepala Badan/ Dinas/Bagian dan diikuti para ASN, beberapa Organisasi Masyarakat dan para pelajar setempat. (red)

 

Tinggalkan Balasan