(pelitaekspres.com) – BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2024, di Lapangan Kopri Kantor Gubernur, Bandarlampung, Senin (28/10/2024).

Upacara dipimpin Inspektur Provinsi Lampung Fredy, mewakili Pj. Gubernur Lampung Samsudin.

Pada kesempatan tersebut, Inspektur Fredy mengingatkan pentingnya peran pemuda dalam mendukung berbagai bidang pembangunan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kontribusi positif segenap pemangku kepentingan yang telah dan terus memberikan pelayanan kepemudaan yang baik. Kami juga memberikan terima kasih dan penghargaan atas prestasi kontribusi kepemimpinan dan kepeloporan pemuda Indonesia dalam berbagai bidang

Pembangunan,” ujar Fredy saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Andito Ariotedjo.

Ia mengatakan bahwa peringatan hari sumpah tahun ini mengangkat tema “Maju Bersama Indonesia Raya”. Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua, untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera.

“Upaya ini dilakukan dalam bentuk upaya pemajuan secara bersama, simultan, sinkron, dan berkoordinasikan dengan sebaik-baiknya baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah,” jelasnya.

“Peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” tambahnya.

Pada momentum peringatan hari sumpah pemuda ini, Fredy mengajak untuk bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

“Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing,” ujarnya.

Dia juga mengajak meningkatkan  kepedulian kepada pemuda Indonesia melalui perbaikan pelayanan kepemudaan, perbaikan tata-kelola pelayanan kepemudaan, dan dukungan sumber daya hingga kondisi kepemudaan Indonesia menjadi lebih baik yang tercermin dengan kenaikan Indeks Pembangunan Pemuda.

Dalam upacara, Inspektur Lampung Fredy juga memberikan penghargaan kepada Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024. Penghargaan diantaranya diberikan kepada Fajar Shodiq (asal Lampung Tengah) sebagai Pemenang I Bidang Kepeloporan Inovasi Teknologi; Lili Salita (asal Kabupaten Lampung Selatan) sebagai Pemenang I Bidang Kepeloporan Pangan; Ani Lailia (asal Kabupaten Pringsewu) sebagai pemenang I Bidang Kepeloporan SDA, Lingkungan dan Pariwisata; Vira Ayu Safila (asal Kabupaten Lampung Timur) sebagai Pemenang I Bidang Pendidikan; dan Ahmad SUsantri (asal Kabupaten Lampung Barat) sebagai Pemenang I Bidang Seni Budaya.

Tinggalkan Balasan