Home / EKONOMI / Tips Astra Motor Natar, Cara Bersihkan Kaca Helm Setelah Berkendara

Tips Astra Motor Natar, Cara Bersihkan Kaca Helm Setelah Berkendara

(pelitaekspres.com)- NATAR- Pandangan mata yang bebas dan jelas memudahkan pengendara mengetahui kondisi yang ada di sekitarnya dengan baik.

Langkah yang dilakukan ke motor untuk antisipasi yang terjadi akan lebih tepat untuk mendapatkan pandangan mata bebas dan jelas.

Hal itu bisa didapatkan dari visor helm yang dipakai.

Kondisi kaca helm atau visornya bersih.Adanya kotoran atau debu di kaca helm mempengaruhi pandangan mata.

Kotoran dan debu menjadi penghalang dan memburamkan pandangan mata ke jalan dan sekitarnya yang akan dilalui.

Kaca helm meski dijaga kebersihannya. Jangan biarkan kotoran dan debu menempel. Maka itu pengecekan dan perawatan rutin perlu dilakukan. Sebelum memakai helm, periksa dulu semuanya. Termasuk kaca helm bersih atau ada kotoran maupun debu.

Bila ada kotoran dan debu, langkah terbaik adalah langsung membersihkan. Kotoran dan debu yang langsung dibersihkan agar tidak menempel kuat di kaca helm.

Silahkan lepas kaca helm dari pengikatnya. Setelah kaca lepas, guyur dengan air bersih.  Tujuan menguyur air ini supaya kotoran atau debu yang melekat bisa luntur tanpa menimbulkan luka di visor seperti baret. Jika visor langsung dilap dengan lap kering khawatir bisa malah membuat baret  dan lecet-lecet.

Baru lap visor yang basah ini dengan lap sebaguna atau chamois untuk mengusir air dari kaca helm. Bisa juga memakai lap yang lembut dan basah. Kering tinggal pasang lagi visor di helm. Ikat dengan kuat ke baut pengikatnya.

Pembersihan kaca helm juga dilakukan setelah selesai berkendara. Tujuannya agar kotoran atau debu yang baru menempel mudah dibersihkan. Beda jika dibiarkan lama, akan lebih susah  membersihkannya. Karena kotoran dan debu menempel kuat.

Untuk kotoran yang kuat menempel di visor bisa memakai sabun yang soft dicampur air untuk membersihkannya. Pelan-pelan sambil dilap supaya kotoran terangkat dan minggat. Cepat bilas visor yang dibersihkan ini dengan air bersih.

Kaca helm bersih, pandangan mata jelas memanatau kkondisi lalu lintas dan daerah yang dilalui berkendara.

DIBACA 2.006 kali

Check Also

NSS Kedaton Adakan PPRT Pameran Parking Riding Test

(pelitaekspres.com) – BANDAR LAMPUNG – NSS Kedaton kembali mengadakan PPRT (Pameran Parking Riding Test) di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *