Rabu , Maret 20 2019
Home / HUKUM & KRIMINAL / Tiga Tersangka Pencuri Baterai dan Kabel Tembaga ‘Dihadiahi’ Timah Panas

Tiga Tersangka Pencuri Baterai dan Kabel Tembaga ‘Dihadiahi’ Timah Panas

(pelitaekspres.com) – AEK KANOPAN – Tiga orang tersangka pelaku pencurian baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dari dalam rak Rectifier dan kabel tembaga di Tower Indosat, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut), masing-masing terpaksa ‘dihadiahi’ timah panas oleh petugas Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu yang bekerjasama dengan Tim Khusus Rajawali Labura, Sabtu (16/2/2019), sekira pukul 11.00 WIB.

Keterangan diperoleh dari Kapolsek Kualuh Hulu, AKP Asmon Bufitra SH, melalui pesan WhatsApp yang diterima pelitaekspres.com, Sabtu (16/2/2019) sore, menyebutkan, ketiga tersangka pencuri baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dan kabel tembaga di tower Indosat, Jalan SM Raja Aek Kanopan tersebut adalah, Fadli Asikin Hasibuan (33) dan Khairuman (41) yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Labura. Keduanya merupakan warga Jalan Serma Maulana, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura.

Sedangkan seorang tersangka lainnya adalah Rida Abdillah (35), penduduk Jalan S Parman Nomor 18, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura, Sumut.

Dijelaskan AKP Asmon Bufitra SH, peristiwa pencurian baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dan kabel tembaga di tower Indosat yang dilakukan oleh ke-3 tersangka tersebut, terjadi pada hari Minggu (27/1/2019) lalu, sekira pukul 06.30 WIB.

“Ke-3 tersangka secara bersama-sama melakukan pencurian baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dan kabel tembaga milik PT Indosat di dua lokasi yang berbeda. “Baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) mereka curi dari dalam rak Rectifier Tower Indosat di Jalan SM Raja Aek Kanopan. Sedangkan kabel tembaga mereka curi dari Tower Bersama Group (TBG), di Lingkungan IV, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura,” kata AKP Asmon Bufitra.

Akibat hilangnya baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dan kabel tembaga milik PT Indosat dari dua lokasi Tower tersebut, pihak perusahaan telekomunikasi itu mengaku mengalami kerugian materi sebesar Rp 50 juta. Melalui karyawannya, Janwar dan Deni Hariandi, pihak perusahaan kemudian melaporkan peristiwa pencurian itu ke Polsek Kualuh Hulu di Aek Kanopan, dengan Laporan Polisi Nomor : LP/04/I/2019/Sek KL Hulu, tanggal 27 Januari 2019 dan Laporan Polisi Nomor : LP/53/II/2019/Sek KL Hulu, tanggal 15 Februari 2019.

Petugas Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu bekerjasama dengan Tim Khusus Rajawali Labura yang melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut akhirnya mendapatkan informasi yang menyebutkan bahwa pelaku pencurian baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dan kabel tembaga di tower Indosat itu adalah Fadli Asikin Hasibuan, Khairuman dan Rida Abdillah.

Selanjutnya, Sabtu (16/2/2019), sekira pukul 11.00 WIB, petugas Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu bersama Tim Khusus Rajawali Labura, dipimpin Kanit Reskrim, Ipda Gunawan Sinurat SH MH, berhasil meringkus ke-3 tersangka di tiga lokasi yang berbeda di Kelurahan Aek Kanopan.

Saat diinterogasi petugas, Fadli Asikin Hasibuan, Khairuman dan Rida Abdillah mengakui terus terang perbuatan mereka telah mencuri baterai merk Leoch (12 V, 180 AH) dan kabel tembaga di lokasi Tower Indosat, Jalan SM Raja Aek Kanopan dan TBG di Lingkungan IV, Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labura.

Kemudian untuk melakukan pengembangan, yaitu mencari kemungkinan tersangka dan barang bukti lainnya, petugas pun membawa Fadli Asikin Hasibuan, Khairuman dan Rida Abdillah secara terpisah. Namun, tanpa diduga sebelumnya, ke-3 tersangka masing-masing melakukan perlawanan kepada petugas dan berusaha melarikan diri.

Akhirnya, petugas terpaksa mengambil tindakan tegas dan terukur dengan ‘menghadiahi’ ke-3 tersangka dengan timah panas, masing-masing sebutir peluru pada bagian betis sebelah kanan.

Setelah mendapatkan perawatan medis, Fadli Asikin Hasibuan, Khairuman dan Rida Abdillah, berikut barang bukti, satu unit sepedamotor Yamaha Mio warna merah tanpa plat nomor polisi (Nopol), 1 unit sepedamotor Honda Supra X warna hitam merah tanpa plat Nopol, sebuah linggis, kampak, parang, 1 buah pisau besi, 3 gergaji besi, sebuah kunci pas, sebuah tang pemotong besi, tang penjepit, pisau cutter, pecahan gembok, pecahan sarang baterai, potongan kabel tembaga dan sebuah martil, saat ini telah ‘diamankan’ petugas di ruang sel tahanan Mapolsek Kualuh Hulu di Aek Kanopan, Kabupaten Labura, Sumut. (Dhedi Irwansyah)

Teks fhoto :
Tiga tersangka pelaku pencurian baterai dan kabel tembaga di tower Indosat, Fadli Asikin Hasibuan, Khairuman dan Rida Abdillah (betis kaki kanan masing-masing ke-3 tersangka diperban), berikut barang bukti saat ‘diamankan’ petugas di Mapolsek Kualuh Hulu di Aek Kanopan, Kabupaten Labura, Sumut.

DIBACA 7.232 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *