Home / EKONOMI / Tiga Langkah Cara Mudah Merawat Busi Motor

Tiga Langkah Cara Mudah Merawat Busi Motor

(pelitaekspres.com)-MESUJI – Busi merupakan salah satu komponen terpenting untuk pengapian pada endaraan bermotor. Busi berfungsi memercikan bunga api untuk membakar campuran udaran dengan bahan bakar. Busi, bukanlah komponen yang berdiri sendiri untuk pengapian pada kendaraan bermotor.

Untuk itu berikut cara merawat Busi kendaraan agar tetap awet :

  1. Cek ketebalan kerak pada kepala busi Biasanya, untuk mengetahuin kondisi busi apakah bermasalah atau tidak , bisa di lihat dari kerak atau carbon fouling. Kerak hitam yang menebal di bagian kepala busi menjadi indikasi awal kendaraan mengalami permasalahan. Ketika karbon menumpuk di bagian kepala busi, maka daya tahan busi menurun dan tegangan yang di hasilakn koil juga akan berkurang. Carboun fouling inilah yang membuat percikan api tidak bisa menyala dengan sempurna.
  2. Hindari membersihkan kerak dengan amplas atau sikat kawat Kalau membersihkan busi usahakan hindari menggunakan amplas atau sikat kawat, karena bisa membuat material busi menipis. Untuk membersihkan sebaiknya menggunakan sikat gigi atau di semprot dengan angina, setelah itu di lap menggunakan lap kering untuk menghindari karat busi.
  3. Cek kerapatan kepala busi Kerpatan pada kepala busi juga perlu di lakukan pengecekan , ada baiknya di lakukan saat pergantian oli biasanya di KM 20 ribu atau sesuai dengan rekomendasi servis.

“Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam merawat Busi motor kesayangan anda, agar awet. Info lebih lengkap mengenai perawatan kendaraan sepeda motor Honda anda bisa langsung datang ke Ahass resmi Tunas Honda Simpang Pematang, depan alun-alun Simpang Pematang. Atau bisa langsung hubungi contact person Ahass di nomor. 082285059514. (rls)

DIBACA 2.372 kali

Check Also

Daya Motor Menggala Ikut Meriahkan Tahun Baru Imlek 2571

(pelitaekspres.com)- MENGGALA- Dealer Honda Daya Motor Menggala ikut Berpartisipasi Memeriahkan Tahun Baru Imlek 2020 Dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *