Rabu , Oktober 16 2019
Home / NASIONAL / Ribuan Masyarakat Sofifi Hadiri Karnaval Budaya

Ribuan Masyarakat Sofifi Hadiri Karnaval Budaya

(pelitaekspres.com)-SOFIFI – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 provinsi Maluku Utara (Malut) pada tanggal 12 Oktober 2019, Pemprov Malut, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut menggelar Karnaval Budaya, yang diikuti sekitar 1200 peserta, bertempat di Desa Balbar Kecamatan Oba Utara, Sofifi (10/10).

Peserta karnaval terdiri dari siswa-siswa TK, SD, SMP, dan SMA/Sederajat, serta komunitas budaya yang berasal dari 9 kabupaten kota se-Maluku Utara, minus kabupaten pulau Taliabu. Selain ribuan peserta, tampak ratusan masyarakat kecamatan Oba Utara memadati ruas jalan KM 40 Sofifi, untuk menyaksikan meriahnya karnaval budaya.

Para peserta ini dilepas secara simbolis oleh Gubernur KH Abdul Gani Kasuba didampingi Kepala Dikbud Jafar Hamisi. Sebelum mengibarkan bendera pelepasan, Gubernur mengucapkan rasa terimakasih yang dalam kepada Panitia penyelenggara dan masyarakat khususnya, atas partisipasi memeriahkan peringati HUT Provinsi Maluku Utara.

“Sebagai Gubernur, saya ucapkan terima kasih banyak, yang hadir dan memeriahkan Ulang Tahun Maluku Utara ke 20 ini,” kata Gubernur.

Gubernur pada kesempatan . . .

. . . itu juga disuguhkan tarian cakalele oleh siswa-siswi yang berasal dari Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Tampak sumringah wajah Gubernur menyaksikan tarian dari 3 orang siswa dan 3 orang siswi tersebut.

Karnaval dilanjutkan, mobil truck yang dihiasi menyerupai perahu kora-kora memimpin peserta karnaval, disusul pasukan marching band, dan diikuti peserta lainnya. Melihat animo dan antusias masyarakat Maluku Utara yang begitu tinggi, Jafar Hamisi mengaku kagum dan memberikan apresiasi kepada masyarakat.

”Tentunya Dinas Pendidikan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur, teman-teman SKPD, dan paling khusus masyarakat, khususnya masyarakat ibu kota Sofifi, yang mana turut serta memeriahkan kegiatan Karnaval,” kata Jafar.

Karnaval budaya ini dilaksanakan dengan tujuan agar karya budaya yang ditinggalkan para leluhur terus dilestarikan. Apalagi, Maluku Utara memiliki beragam budaya yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Jafar berharap, dengan kegiatan karnval budaya lokal ini, masyarakat khususnya para siswa-siswi lebih mengenal budaya lokal yang ada di Maluku Utara. (ais).

 

DIBACA 5.004 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *