Selasa , Agustus 20 2019
Home / NASIONAL / Pemkot Jakbar HPSN 2019 Jadikan Momentum Spesial

Pemkot Jakbar HPSN 2019 Jadikan Momentum Spesial

(pelitaekspres.com) – JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Barat melaksanakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dengan mengoptimalkan pengelolaan sampah, membentuk Kampung Cermat (Cerdas Memilah Sampah) di delapan kecamatan. Salah satu di Bank Sampah Induk (BSI) Satu Hati, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (26/02/2019).

Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi menyampaikan di wilayah Jakarta Barat sudah terbentuk delapan Kampung Cermat, dengan adanya program Kampung Cermat diharapkan ke depan akan tercipta kawasan pengolahan sampah terpilah (KPST) di setiap wilayah di Jakarta Barat.

“Program Kampung Cermat memprioritaskan pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat supaya melek sampah,” kata Rustam Effendi

Rustam mengatakan HPSN menjadi momentum spesial untuk semua dalam mengelola sampah secara baik. Sampah tidak lagi dibuang sembarangan. Namun dengan niat dan semangat tinggi untuk terciptanya hunian ramah lingkungan maupun peningkatan ekonomi warga.

“Sampah tidak dibuang sembarangan, tapi dikelola untuk peningkatan ekonomi, sehingga Jakarta bersih dari timbunan sampah,” kata Rustam dalam sambutannya.

Ia berharap, kegiatan peringatan HPSN ini tidak sekadar seremonial, tapi benar-benar bisa direalisasikan dalam kehidupan di masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih, asri dan sehat.

“Pemerintah kota terus berupaya meningkatkan prasarana dan sarana sehingga warga terdorong lebih peduli dalam pengelolaan sampah,” ungkapnya.

Kasudin LH Jakarta Barat, Edi Mulyanto menjelaskan, pihaknya memiliki program kerja penanganan sampah di antaranya Kampung Cermat (Cerdas Memilah Sampah) yang akan diterapkan di delapan Rukun Tetangga (RT) tersebar di seluruh kecamatan se Jakarta Barat.

“Bekerja sama dengan BI perwakilan DKI , kami menyalurkan bantuan bagi warga di delapan RT untuk mengolah limbah rumah tangga menjadi komposting. Secara bertahap, program ini akan dilaksanakan di seluruh RT,” tandasnya.(Sugeng)

DIBACA 7.363 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *