Jumat , Desember 14 2018
Home / POLITIK / Panitia Pemilihan Kepala Kampung Kotagajah Timur Diduga Pungut Rp.7,5 juta Percalon

Panitia Pemilihan Kepala Kampung Kotagajah Timur Diduga Pungut Rp.7,5 juta Percalon

(pelitaekspres.com)-KOTAGAJAH, – Dugaan pungutan dilakukan panitia pemilihan kepala Kampung Kotagajah Timur, Kecamatan Kotagajah. Oleh panitia, setiap satu orang calon dimintai Rp 7,5 juta.

Ketua panitia pemilihan kepala kampung Kotagajah Timur, Slamet Santoso, saat dikonfirmasi, Jumat (2/11), mengatakan jika uang yang pihaknya pinta merupakan inisiatif para calon untuk penyelenggaraaan Pilkakam yang akan digelar.

“Kita tidak meminta kepada calon, semua kesepakatan dari calon (menyerahkan Rp 7,5 juta per orang). Anggaran untuk Pilkakam di sini (Kampung Kotagajah Timur), sangat minim, kalau tidak ada tambahan maka kita bisa kedodoran,” kata Slamet Santoso.

Slamet melanjutkan, anggaran Pilkakam di kampung tersebut sebesar Rp 30 juta dipotong 11 persen sehingga tersisa lebih kurang Rp 26 juta. Asumsinya enam tahun lalu ujarnya dengan anggaran yang lebih besar panitia penyelenggaraan mengaku kedodoran.

“Dana dari para calon kita gunakan untuk konsumsi dan panitia sekitar 55 orang. Belum lagi ada pengeluaran lainnya,” lanjut Slamet Santoso.

Salah satu Calon Kepala Kampung, Hawari saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa besaran yang harus mereka keluarkan yakni sudah dipatok Rp 7,5 juta. Saat itu, pihak panitia pemilihan lah yang meminta kepada empat calon yang ada.

“Ditentukan besarannya (Rp 7,5 juta). Kita ya keberatan sebenarnya, tapi harus kayak mana jadi kita ikut saja. Alasan panitia ya uang itu untuk menutupi kekurangan anggaran Pilakakam di sini,” ujar Hawari.

Ismail calon lncumbent mengaku tidak keberatan dengan adanya pungutan yang rilakukan pihak panitia. Ismail menjelaskan, bahwa jumlah yang diminta adalah hal yang wajar.

“Ya wajar saja, kalau saya pribadi tidak ada masalah untuk itu. Panitia meminta kan untuk pelaksanaan Pilkakam. Karena memang enam tahun lalu dengan jumlah anggaran yang lebih besar panitia saja masih kesulitan,” kata Ismail.

Diketahui di Kampung Kotagajah Timur, ada empat calon yang akan bertarung di Pilkakam 5 November ini, yakni Hawari, Ismail, Zenal Abidin dan Lili Aulia.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan dan Masyarakat Kampung (PMK) Lamteng, Zulfikar Irwan saat dihubungi menjelaskan, tidak boleh sama sekali ada penarikan dari panitia kepada para calon Kakam.

“Tidak boleh ada tarikan untuk alasan apapun. Karena sudah jelas san sudah disosialisasikan ke kecamatan-kecamatan dari PMK, Inspektorat, bahwa penganggaran Pilkakam sudah jelas sumbernya yakni dari APB Kampung dan APBD,” tutur Zulfikar Irwan.(Ari )

DIBACA 7.949 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *