Minggu , Agustus 18 2019
Home / DAERAH / Panen Raya Kopi Petik Merah Pertama di Way Kanan

Panen Raya Kopi Petik Merah Pertama di Way Kanan

(pelitaekpres.com) -WAYKANAN-Panen raya kopi petik merah pertama di Kabupaten Way Kanan dihadiri Wakil Bupati Way Kanan DR. Drs. Edward Anthony, MM yang berlangsung di Kampung Sukajadi Kecamatan Kasui. Rabu (15/05/19).

Panen raya kopi petik merah yang diselenggarakan oleh Koperasi Produsen Kolang Mutiara Siger (KMS) ini sebagai tonggak awal bangkitnya komoditas kopi asal bumi ramik ragom.

Hal itu disampaikan Ketua Koperasi Produsen KMS Sepna Abdi Saputra saat menyampaikan sambutan singkatnya dihadapan tamu undangan. “Kegiatan ini merupakan tonggak awal bangkitnya komoditas kopi Way Kanan yang selama ini tertinggal jauh dari daerah lain, mulai dari cara perawatan lahan hingga kualitas kopi hasil panen,” ujarnya.

Lebih lanjut Sepna mengatakan melalui Koperasi Produsen KMS ini, dirinya yakin dapat meningkatkan ekonomi anggotanya melalui berbagai program, antara lain meningkatkan kualitas kopi dan meningkatkan kuantitas hasil kebun dengan cara perawatan kebun sesuai standar koperasi.

Sepna juga berharap, pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan dapat bersinergi dalam mewujudkan program-program koperasi baik melalui pelatihan petani kopi maupun kegiatan lainnya.

Wakil Bupati Way Kanan, DR. Drs. Edward Anthony, MM mengapreasiasi kegiatan tersebut. Dalam arahannya, Edward mengharapkan perkebunan kopi menjadi penghasilan sepanjang tahun.

“Ya kalau biasanya kopi sebagai penghasilan tahunan, kita bisa jadikan penghasilan sepanjang tahun, dengan cara memetik kopi merah,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan pemerintah daerah telah 2 tahun gencar mempromosikan kopi robusta Way Kanan hingga ke manca negara melalui event-event yang diikuti oleh pemkab setempat. (Deni)

DIBACA 6.820 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *