Minggu , November 17 2019
Home / DAERAH / Nanang Ermanto Kunjungi Sertu Zulkarnaen Pencipta Pakan Ternak dari Sampah

Nanang Ermanto Kunjungi Sertu Zulkarnaen Pencipta Pakan Ternak dari Sampah

(pelitaekspres.com)-KALIANDA-Babinsa desa Seloretno Kecamatan Sidomulyo pencipta pakan ternak dari bahan sampah dikunjungi plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto., Rabu (16/10/2019).

Sertu Zulkarnaen yang juga anggota Koramil Sidomulyo ini sebelumnya secara sukarela melakukan pembinaan kepada para peternak kambing/peternak sapi diwilayah desa Seloretno dan sekitarnya tentang cara pembuatan pakan ternak berbahan sampah.

Didepan Nanang Ermanto, Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinson Oktavianus Bessie SH dan jajaran pegawai dilingkungan Pemkab Lampung Selatan, Sertu Zulkarnaen memaparkan tentang cara pembuatan pakan ternak berbahan sampah ditambah dengan gula merah dicampur dengan dedak/bekatul yang biayanya cukup murah.

“Biaya pembuatan pakan ternak berbahan sampah  ini cukup murah, ketimbang biaya/ongkos saat mencari rumput,” tuturnya.

Dijelaskan Zulkarnaen bahwa dengan bermodal Rp. 10 ribu, peternak bisa memperoleh pakan ternak yang dapat digunakan dalam waktu 6 hari, jadi sangat ekonomis ” tuturya lagi.

Plt Bupati Lampung Selatan kepada awak media mengatakan bahwa, pihaknya sangat menyambut baik inovasi pembuatan pakan ternak berbahan sampah yang diprakarsai oleh Babinsa desa Seloretno Kecamatam Sidomulyo Sertu Zulkarnaen.

Pembuatan pakan ternak berbahan sampah selain ekonomis, juga sangat membantu peternak  khususnya pada musim kemarau seperti saat ini ” katanya.

Namun demikian lanjut Nanang, pembuatan pakan ternak berbahan sampah ini terlebih dahulu akan dilakukan uji Laboratoriun di UNILA apakah hasil pembuatan pakan ternak berbahan sampah tersebut  sudah ada kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ternak, sehingga nantinya para peternak tidak ragu lagi dalam memproduksi ” tuturnya lagi.

Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinso O Bessie SH mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik inovasi pembuatan pakan ternak  berbahan sampah yang diciptakan oleh Sertu Zulkarnaen. Namun demikian pihaknya masih menunggu hasil Uji Laboratoriun  terlebih dahulu, apakah hasilnya sudah mengandung kandungan Nutrisi/gizi yang dibutuhkan  oleh ternak, sehingga peternak tidak ragu lagi untuk menggunakanya ” kata Robinson.

Setelah diketahui hasilnya dari Laboratorium maka nantinya bisa dikembangkan keseluruh wilayah bersama pemerintah Lampung Selatan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Peternakan drh Arsyad mengatakan bahwa pihaknya segera akan membawa sampel pakan ternak yang berbahan sampah ke Laboratoriun di Unila, menurutnya hasil uji lab itu penting, sehingga nantinya para peternak tidak ragu dan was-was untuk menggunakanya, serta akan diketahui bahwa apakah pakan ternak itu untuk penggemukan atau sekedar pakan biaya ” katanya.(cak Ton)

 

DIBACA 7.337 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *