Rabu , November 14 2018
Home / NASIONAL / MKJP Adalah Solusi Terbaik Tekan Penduduk Batang 

MKJP Adalah Solusi Terbaik Tekan Penduduk Batang 

(pelitaekspres.com) – BATANG – Luas wilayah Desa Durenombo Kecamatan Subah adalah 691,170 Ha dengan jumlah penduduknya total 2.888 jiwa. Jadi jumlah yang cukup besar kepadatan penduduknya. Ini menjadi persoalan tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan masyarakatnya.
Pertumbuhan penduduk di desa sasaran TMMD Reguler 103 Kodim Batang ini, tidak terlepas dari banyaknya pasangan menikah di usia dini serta kesadaran masyarakat dalam ber-KB masih rendah. Disamping itu tingkat pendidikan masih rendah dan ekonomi yang lemah memaksa anak anak remaja untuk bekerja dan tidak melanjutkan ke bangku kuliah, sehingga endingnya pernikahan dini.
Penyuluhan KB lapangan oleh Babinsa atau anggota Satgas TMMD, menjadi alternative yang bagus dalam membantu dinas kependudukan menyadarkan warga binaannya menunda perkawinan dibawah umur. Inilah yang dilakukan Sertu Pursugiyanto, Babinsa Koramil 03/Gringsing melakukan penyuluhan KB lapangan “dua anak cukup” kepada Sobiatun (30) berjilbab dan ibu dua anak, Yanti Mu’ariyah (37) kaos biru, serta Alifa (22), ketiganya warga Rt. 03 Rw. 02 Dusun/Desa Durenombo, untuk ber-KB dengan berbagai macam pilihan. Kamis (18/10/18).
Door to door sambil bersilaturahmi mendatangi rumah-rumah warga untuk memberikan pengetahuan adalah tugas tambahan bagi seorang Babinsa. Meyakinkan kepada para ibu muda agar berganti jenis kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dengan alat kontrasepsi Implant, IUD/Spiral serta KB MOP bagi para suami sehingga lebih aman daripada kontrasepsi suntik maupun pil. Jika masyarakat mendapatkan bimbingan konseling dengan tepat disertai dengan penjelasan yang lengkap serta mudah dipahami, maka akan semakin membuat masyarakat secara sukarela menggunakan MKJP.  (0736)
DIBACA 5.640 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *