Selasa , Agustus 20 2019
Home / DAERAH / Ketapang Penghasil Cacao di Tanggamus

Ketapang Penghasil Cacao di Tanggamus

(pelitaekspres.com)- TANGGAMUS-Kecamatan Limau merupakan salah satu penghasil Cacao/Chocolate (Coklat-red) terbanyak dan terbaik di kabupaten Tanggamus.
Di kecamatan Limau sebagian iklimnya berhawa panas sangat cocok berkebun coklat, yang geografisnya merupakan daerah perbukitan yang berada di pesisir laut Teluk Semangka, merupakan lahan yang sangat cocok untuk ditanami coklat, tentunya berbuah lebat dengan kwalitas terbaik.
Sebagaimana diketahui disalah satu pekon di kecamatan Limau, Tanggamus penghasil coklat terbaik yaitu Pekon Ketapang, kecamatan Limau, kabupaten Tanggamus. Sirli Kepala Pekon (Kakon) Ketapang, menuturkan saat ditemui media ini di kediamannya belum lama ini
Dia mengatakan, disini ada kurang lebih 400 hektar perkebunan coklat, saya juga menyediakan pembibitan coklat hasil okulasi yang tahan terhadap serangan penyakit serta berbuah lebat, itu sudah dilakukannya 4 tahun lalu, sekarang sudah sering kali memetik hasilnya. Pembibitan coklat kini sudah dikembangkannya, melalui bimbingan para petani coklat, bibit-bibit coklat ini kami sediakan untuk para petani di pekon Ketapang yang berjumlah kurang lebih 564 Kepala keluarga (KK) yang tersebar di 6 dusun,” kata Sirli di gudang penampung pisang dan hasil bumi miliknya.
Lebih lanjut, diapun mengatakan, warga masyarakat pekon Ketapang adalah mayoritas petani dan sebagian nelayan, disini selain coklat para penduduknya berpenghasilan pisang dan pariwisata, perlu diketahui pula bahwa lokasi Kawasan Industri Maritim,,(KIM) berada di Pekon Ketapang ini,”imbuhnya. (Si)
DIBACA 7.107 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *