Senin , Mei 27 2019
Home / PENDIDIKAN / Inkubator Darmajaya Terpilih untuk Inkubasi Lima Tenant PPBT 2019

Inkubator Darmajaya Terpilih untuk Inkubasi Lima Tenant PPBT 2019

(pelitaekspres.com)- BANDARLAMPUNG – Inkubator Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terpilih untuk menginkubasi tenant yang lolos dalam Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Kepala Biro Inkubator Career Center dan Rumah Tangga IIB Darmajaya, Niken Paramita Sari, S.E., M.M., mengatakan Inkubator Darmajaya terpilih untuk melakukan inkubasi kepada tenant yang lolos dalam PPBT 2019. “21 Maret 2019 mulai melakukan inkubasi tenant hingga delapan bulan berdasarkan kontrak pendampingan juga hingga tiga tahun kedepan,” ungkap dia Selasa, 7 Mei 2019.
Menurutnya, terdapat lima tenant yang merupakan startup yang diinkubasi oleh Inkubator Darmajaya. “Angsur (aplikasi pinjaman syariah ekonomi syariah), SANedu (pendidikan), Healthy fish (pakan ikan) dari Tulangbawang Barat, Banana Peel Soap (kosmetik sabun berbahan pisang), dan Emping jagung Ainun (Pesawaran) makanan ringan,” bebernya.
Niken –biasa disapa — menerangkan Inkubator Darmajaya menjadi satu-satunya di Provinsi Lampung yang berhak melakukan inkubasi kepada tenant yang lolos dalam PPBT 2019. “Tugasnya nanti terdapat lima poin sesuai dengan form pendampingan diantaranya pendampingan umum, produksi, promosi dan pemasaran, legalitas, dan pengembangan SDM. Setiap tenant berbeda-beda tidak semuanya mendapatkan kelimanya,” tuturnya.
Inkubator Darmajaya, lanjut Niken, juga menambahkan pelatihan kepada tenant seperti keuangan dan pembukuan. “Ini dilakukan karena berdasarkan hasil pendampingan tenant masih lemah di keuangan dan pembukuan. Selain itu juga ada pendampingan SOP agar bisa sesuai standar Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) untuk produk tertentu,” ujarnya.
Rektor IIB Darmajaya, Ir. Firmansyah Y Alfian, M.B.A., M.Sc., mengatakan bahwa sebagai kampus technopreneurship juga memberikan pembelajaran kepada mahasiswa untuk menjadi technopreneur dalam revolusi industri 4.0. “Inkubator didirikan untuk memfasilitasi mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur dalam menjalani perkuliahan di Darmajaya. Keberhasilan Inkubator yang terpilih menjadi satu-satunya di Lampung juga menjadikan bukti bahwa Darmajaya komitmen dalam menyiapkan generasi lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tapi juga berjiwa entrepreneur,” ungkapnya.
Dia berharap agar dapat terus dipertahankan sebagai Inkubator yang terpilih oleh Kemenristekdikti dalam PPBT selanjutnya. “Ini harus dipertahankan kedepan karena jiwa-jiwa entrepreneur di Lampung ini sangat banyak. Mudah-mudahan dalam melakukan inkubasi dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat kepada tenant-tenant yang mempercayakan Inkubator Darmajaya,” tutupnya.

DIBACA 6.003 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *