Senin , Januari 21 2019
Home / PENDIDIKAN / IIB Darmajaya Tingkatkan Kompetensi Siswa Prakerin

IIB Darmajaya Tingkatkan Kompetensi Siswa Prakerin

(pelitaekspres.com)-BANDARLAMPUNG– Tingkatkan kompetensi siswa Praktek Kerja Industri (Prakerin), Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membekali mereka dengan pelatihan di Laboratorium Jaringan Komputer, IIB Darmajaya, 8-10 Januari 2019.
Materi pelatihan tentang Pengenalan Perangkat Komputer dan Jaringan Komputer disampaikan oleh Laboran IIB Darmajaya, Danang Ade Muktiawan, S.Kom. Pelatihan diikuti 25 siswa dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
Para siswa berasal dari SMK Muhammadiyah Sekampung, SMK Negeri 1 Gedong Tataan, SMK Negeri 1 Hulu Sungkai, SMK Miftahul Ulum, SMK Plus Bani Salim, dan SMK Yadika Bandar Lampung.
“Nantinya, peserta juga dilatih tentang pembuatan kabel jaringan, sharing file dan printer, install Windows dan Linux, Setting Acces Point, Packet Tracer, serta materi Mikrotik,” papar Danang.
Menanggapi kegiatan ini, salah satu siswa SMK Miftahul Ulum, Mita Maulidina mengaku senang memperoleh pelatihan gratis dari IIB Darmajaya. Melalui pelatihan tersebut, ia kembali mengulang materi yang sebelumnya telah diperoleh dari sekolah, dan menambah ilmu pengetahuan baru.
Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan IIB Darmajaya, Sabam Parjuangan, ST., M.Kom mengatakan, selama ini telah banyak SMA/SMK yang memberikan kepercayaan kepada IIB Darmajaya untuk menerima siswanya melaksanakan Prakerin. Hingga kini, tak kurang dari 40 SMA/SMK se Provinsi Lampung dan Bengkulu yang telah bekerjasama dengan IIB Darmajaya untuk program Prakerin.
Menurutnya, Prakerin merupakan fase pendidikan yang menjembatani antara dunia sekolah dengan dunia kerja. Selain praktik langsung mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan siswa di sekolah, mereka juga mendapat ilmu dan pengalaman yang dapat bermanfaat untuk menghadapi dunia kerja.
Lanjutnya, IIB Darmajaya rutin setiap tahun memberikan pelatihan gratis bagi siswa Prakerin sesuai dengan jurusannya. Peserta pelatihan juga mendapatkan sertifikat resmi dari IIB Darmajaya.
“Pelatihan ini juga sebagai bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan IIB Darmajaya dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan dan skill peserta. Melalui Prakerin dan pelatihan ini, diharapkan siswa memiliki keterampilan yang mumpuni sehingga lebih siap terjun ke dunia kerja,” harapnya.(*)
DIBACA 6.378 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *