Rabu , Oktober 16 2019
Home / PEMERINTAHAN / Ibu Riana Sari Arinal Minta TP PKK Tanggamus Berada di Baris Terdepan Perangi Stuntin

Ibu Riana Sari Arinal Minta TP PKK Tanggamus Berada di Baris Terdepan Perangi Stuntin

(pelitaekspres.com) – TANGGAMUS —– Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal meminta kader PKK Kabupaten Tanggamus berada di barisan terdepan memerangi stunting atau kurang gizi kronis pada anak.

Hal itu disampaikan Ibu Riana, saat membuka acara Kunjungan TP PKK dan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada Pembinaan Metode IVA dan Stunting di Aula Gedung PKK, Kantor Pemda Kabupaten Tanggamus, Rabu (10/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Ibu Riana menitipkan pesan khusus terutama bagi para kader yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja IV) agar menjadikan isu Stunting sebagai hal serius untuk diantisipasi bersama.

“Kasus stunting sangat penting karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas SDM generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, kami berharap melalui PKK kita dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pertumbuhan anak yang dimulai dari saat si ibu mengandung bayinya,” ujarnya.

Riana menjelaskan bahwa ada 4 Kabupaten di Provinsi Lampung yang melaksanakan pembinaan khusus stunting yaitu Lampung Selatan, Tanggamus, Lampung Tengah dan Lampung Timur.

“Pembinaan pada hari ini di Tanggamus ditujukan kepada seluruh ketua Tim Penggerak PKK dari Kabupaten, Desa, ataupun Pekon agar dapat mengedukasi masyarakat khususnya para ibu hamil yang mempunyai anak dengan kasus stunting. Kita harus dapat menyampaikan kepada seluruh ibu akan pentingnya gizi untuk anak anak supaya tumbuh kembangnya bagus dan pintar,” ujar Riana.

Ibu Riana berpendapat hal ini menjadi perhatian penting Pemerintah, karena anak anak adalah investasi masa depan bangsa Indonesia. Generasi milenial akan maju apabila penerus bangsa mempunyai SDM yang maju.

“Target besar saya selaku Ketua TP PKK Provinsi Lampung stunting ini di Provinsi Lampung bisa turun dan kalau bisa terhapuskan. Kalau nantinya anak anak kita ini pintar kan para ibu semua yang merasakan masa tuanya bahagia dan ada yang mengurus,” kata Riana.

Di Tanggamus, Ibu Riana tak hanya memberikan edukasi, tapi juga bantuan makanan, salah satunya susu ke pada anak anak. “Orang tua harus . . .

. . . diberikan pemahaman akan pentingnya memberi anak makanan 4 sehat 5 sempurna. Namun yang jadi permasaahan di kampung ini kan yang penting anak nya kenyang dan kita tidak bisa memungkiri ini semua adalah karena faktor ekonomi,” jelasnya.

Untuk itu, Ibu Riana berjanji akan membuat banyak program seperti pemberdayaan perempuan, sehingga mempunyai keterampilan agar mereka mempunyai penghasilan seperti memanfaatkan pekarangannya untuk ditanam bayem, tomat, terong sehingga bisa dijual ke pasar.

Dalam kegiatan ini, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana melakukan pembinaan Metode IVA. Reihana mengimbau kepada kalangan perempuan untuk melakukan pemeriksaan diri sejak dini sebagai upaya pencegahan kanker yang muncul pada leher rahim wanita (Kanker Serviks) melaui IVA.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Sri Nila Wati Syafi’i mengatakan, kegiatan pemeriksaan kanker serviks dengan metode IVA di Kabupaten Tanggamus telah berjalan.

Sasaran wanita yang harus mendapatkan pemeriksaan IVA ada 92781 dan target yang harus dicapai 14845 atau 16%. Namun hingga kini capaiannya baru 1314 atau 8,806%. Kegiatan sosialisasi dari PKK dan Dinas Kesehatan telah dilaksanakan meski masih ada yang enggan melakukan pemeriksaan.

“Mungkin karena takut dan malu. Namun dengan adanya pembinaan dari Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Provinsi kami jadikan semangat untuk kembali bangkit menyuarakan pentingnya setiap wanita untuk melakukan pemeriksaan IVA PKK,” ujar Sri.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani Mengatakan program PKK Kabupaten Tanggamus dan Provinsi Lampung ini akan menghasilkan suatu program yang sangat luar biasa.

“Saya sangat bangga kepada ibu-ibu PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus yang telah hadir semuanya dan alhamdulillah baru hari kemarin ini ada kegiatan penilaian tenaga kesehatan teladan yang Alhamdulillah Kabupaten Tanggamus mengirimkan 2 nominator,” kata Bupati Dewi Handajani.

Dalam acara ini, TP PKK Provinsi Dan rombongan mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB) yang ada di Ruang lingkup Pemkap Tanggamus.(Humas Prov Lampung)

 

DIBACA 5.602 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *