Selasa , Agustus 20 2019
Home / NASIONAL / “HEBOH” Warga Dempo Tengah Temukan Sumber Air Panas

“HEBOH” Warga Dempo Tengah Temukan Sumber Air Panas

(pelitaekspres.com)-PAGARALAM – Heboh, warga Kecamatan Dempo Tengah, Dusun Pelang Kenidai Kota Pagaralam, mendadak geger dan heboh dengan ditemukanya  sumber air Panas di lokasi perkebunan diantara lahan Pertanian warga yang konon bisa menyembuhkan segala penyakit. Berawal dari seorang warga Midi, kabar dari mulut ke mulut, Senin (13/8/2019) Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Pagaralam tinjau titik ditemukannya sumber air panas  tersebut .

Fenomena alam berupa munculnya sumber air panas Tepatnya di area Ayik salak, dusun Pelang Kenidai, kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam ini yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Setidaknya ada dua mata air yang keluar dari celah batu besar yang tertanam diperkirakan berbentuk lonjong memanjang lebih dari 2 meter itu, warga setempat bila ingin merasakan hangatnya air panas tersebut harus menempelkan kaki atau tangan ke rongga atau celah batu yang membelah panjang yang mengeluarkan air panas pun sangat terasa.

Menurut Merlen pemilik lokasi lahan tersebut melalui saudara nya Ari, air tersebut layaknya air seperti biasanya. Selain warnanya jernih, air juga terasa hangat. Saat ini memang belum banyak warga masyarakat yang tahu, kalau di Aliran Air salak (ayik Salak) Di Area dusun pelang Kenidai terdapat sumber Air Panas, seperti di daerah Jawa Barat yaitu Wisata Air Panas Ciater atau yang terdekar seperti air panas yang terdapat di Tanjung Sakti  rasanya panasnya mirip sekali,” terang Ari pada Media ini.

“Saya sering kesini dan merendamkan kaki pada air yang keluar dari batu tersebut, dan saya punya penyakit asam urat. Alhamdulillah sekarang lebih sehat,” kata Ari, salah seorang warga asal Muara Siban kecamatan Dempo Utara Pagaralam, Selasa (13/8/2019) Dilokasi sumber Air panas, saat dibincangi Wartawan media ini.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Pagaralam Joni SE MM didampingi Bagian Labor Dinas Lingkungan Hidup Suprapto, saat turun kelokasi ditemukanya sumber air panas tersebut mengatakan, membenarkan ada titik sumber air panas di aliran Ayik Salak dusun Pelang Kenidai kecamatan Dempo Tengah.”katanya.

“Dinas Lingkungan Hidup (LH) meminta kepada warga pemilik lahan tersebut untuk melakukan pemisahan aliran air Salak dengan Sumber air panas tersebut agar tidak bercampur dulu dengan air yang dingin. Mengingat Sumber Air panas tersebut keluar dari celah – celah batu besar, namun panas air sangat terasa bila kaki atau tangan ditempelkan ke sumber permukaan air yang keluar menyembur tersebut.” jelas Joni.

Ditambahkan Joni, secepatnya akan melakukan uji Laboraturium (Lab) untuk mengetahui suhu panas yang terdapat di kandungan air, berapa drajat panas air, kadar oksigen terlarut dalam Air panas,  apakah kandungan mengandung DO dalam air,  semua nya nanti akan  dites dulu di laboraturium Alat Tes semua ada di labor Dinas LH.” ujarnya.

Rencananya, kepala Dinas Lingkungan Hidup, setelah mengetahui hasil Labor akan menyampaikam laporan ke Walikota Pagaralam, terkait penemuan sumber air panas di Lokasi Air Salak dusun Pelang Kenidai kecamatan Dempo Tengah untuk melakukan koordinasi langkah – langkah apa kedepanya, sementara ini untuk pemilik lahan, agar menjaga sumber air Panas itu dan mengantisipasi membeludaknya warga yang ingin mandi dan melihat lokasi air panas,” pungkas Joni.(Repi Black)

 

DIBACA 2 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *