Selasa , Agustus 20 2019
Home / DAERAH / Hari ini Wabup Edward Antony Buka Musrenbang Dua Kecamatan

Hari ini Wabup Edward Antony Buka Musrenbang Dua Kecamatan

(pelitaekspres.com)-WAYKANAN–Wakil Bupati DR. H. Edward Antony, M.M bertempat di Aula Kecamatan Gunung Labuhan membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Gunung Labuhan Tahun 2019, Senin (25/02/2019).

 

Menyampaikan sambutannya, Wakil Bupati Edward Antony mengatakan bahwa ,usrenbang kecamatan memiliki arti penting dan strategis dalam rangkas mencari masukan guna menyusun perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2020 untuk encapai visi, misi tujuan serta sasaran program yang ditetapkan dalam RPJMD Way Kanan 2016-2021.

“Saya minta agar program kebupaten dipadukan dengan program serupa ditingkat kampong, dan Saya juga mewajibkan kepada setiap SKPD untuk melakukan pembinaan di kampong sesuai dengan bidangnya. Serta untuk menjadi perhatian bahwa untuk Tahun 2020 masalah penggunaan dana kampong harus dapat dikawal oleh Tim Kabupaten untuk meminimalisir potensi resiko penyalahgunaan dana kampung, dan Saya juga berharap saudara Kepala Kampung dapat memanfaatkan dana kampong ini dengan lebih baik, dengan menyusun program dan kegiatan yang benar-benar dibutuhkan masyarakat”, ujarnya

Wakil Bupati yang pernah menjabat Kepala Dinas P2KA itu juga meminta kepada para Kepala Kampung untuk meningkatkan tata kelola Pemerintahan Kampung dengan baik, menata pemerintahan, organisasi dan dokumen perencanaan Kampung serta memperbaiki prosedur pelayanan administrasi dan sebelum melaksanakan tugas harus memiliki data profil kampong, dokumen perencanaan kampong.

“Pengelolaan keuangan kampung harus dikuasai, menyusun LKPJ, LPPD, ILPD dan membuat laporan keuangan lainnya serta segera melengkapi peraturan kampong yang diperlukan sebagai pedoman kerja. Mencarikan solusi bersama dari kompleks masalah ditingkat kecamatan, serta dapat dijadikan peluang atau potensi dalam pengembangan wilayah melalui peningkatan bidang pertanian, peternakan, perikanan, koperasi dan UKM serta perdagangan dan pasar”, lanjut Wabup Edward Antony yang sebelumnya membuka Musrenbang Kecamatan Kasui.

Untuk mendukung konektivitas infrastruktur tingkat Kampung maupun di tingkat Kabupaten, lanjut Wakil Bupati yang memasuki Tahun Ketiga Kepemimpinannya bersama Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M itu, Pemerintah kampung harus memberikan perhatian pada pembangunan jaringan jalan antar dusun kampung, jaringan jalan pusat pemerintahan kampung, dan jaringan jalan yang penghubung antar kampung. Karena dengan terbangunnya jaringan jalan tersebut maka koneksitas antar kampung lambat laun akan terhubung, kemudian koneksitas dengan kecamatan serta kabupaten juga semakin baik.

“Melalui musrenbang ini Saya mengajak kepada seluruh peserta musrenbang untuk menjadikan kegiatan ini sebagai forum tertinggi dalam proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat akan pembangunan, kemudian melakukan diskusi musrenbang diarahkan untuk mengerucutkan berbagai usulan menjadi usulan prioritas sesuai kemampuan keuangan daerah yang mengacu pada upaya Pemberdayaan Ekonomi Rakyat dalam rangka pengembangan wilayah yang didukung sinergitas Kabupaten dan konektivitas pembangunan tingkat Kampung dalam menjadikan Way Kanan Maju dan Berdaya Saing 2021”, tutur Wakil Bupati ayah empat anak itu.

Selanjutnya, Wakil Bupati lulusan Strata Tiga Universitas Padjajaran Bandung itu juga mengayampaikan bahwa dalam melaksanakan penyusunan berbagai rencana kegiatan tetap memperhatikan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Serta secara tepat dan proporsional dapat ditetapkan berbagai kegiatan yang diusulkan untuk dibiayai dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan Dana Kampung serta dalam menyusun program kegiatan harus berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJM Kampung) dengan mengacu kepada RPJMD Tahun 2016-2021”, tutup Wakil Bupati Edward Antony yang juga melakukan pengundian bagi peserta Musrenbang untuk mendapatkan tiket terbang perdana gratis pada saat peresmian Bandara Gatot Subroto sebagai bandara komersil  pada  Maret 2019 mendatang.(deni/kmnf)

DIBACA 7.374 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *