Rabu , Oktober 16 2019
Home / PENDIDIKAN / Dua Mahasiswa Asal Thailand Kuliah di Pascasarjana IIB Darmajaya

Dua Mahasiswa Asal Thailand Kuliah di Pascasarjana IIB Darmajaya

(pelitaekspres.com)-BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menerima dua mahasiswa asing asal Thailand untuk berkuliah pada program pascasarjana (S2) Manajemen.

Kedua mahasiswa tersebut yakni Imron Samaae dan Rusdee Chemoh yang telah berada di Bumi Ruwa Jurai Sabtu, 28 September 2019. Mahasiswa asal Pattani Thailand Selatan tersebut tinggal di asrama selama menjalani kuliah di kampus biru Darmajaya.

Kepala Bagian Hubungan Internasional IIB Darmajaya, Muhammad Dwiyan Aditya, S.Pd., M.Pd., mengatakan kedua mahasiswa asal Thailand akan kuliah di Pascasarjana Manajemen. “Mereka mendapatkan beasiswa untuk menjalani kuliah pascasarjana di IIB Darmajaya hingga selesai,” ungkapnya.

Keduanya telah lama tinggal di Riau dan dapat memahami bahasa Indonesia. “Mereka juga bisa sedikit berbahasa Indonesia,” ujarnya.

Dwiyan –biasa dia disapa – menerangkan bahwa tidak hanya mahasiswa asing asal Thailand tetapi sebelumnya juga IIB Darmajaya telah menerima mahasiswa asal Kenya yang melanjutkan studi pascasarjana. “Jadi total sementara ini terdapat . . .

. . . tiga mahasiswa asing yang menuntut ilmu di pascasarjana kampus biru Darmajaya,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., mengatakan kehadiran mahasiswa asing juga sebagai bagian dari peningkatan kualitas pembelajaran. “Hal ini juga membuktikan bahwa mahasiswa asing sangat meminati kuliah di kampus biru Darmajaya. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua,” ucapnya.

Selama ini juga, lanjut dia, kerjasama antara perguruan tinggi terkemuka di Asia, Eropa dan Afrika terus dijalin. “Hal ini dilakukan sebagai upaya menjadikan IIB Darmajaya sebagai kampus internasional,” tuturnya.

Hadirnya mahasiswa asing untuk menimba ilmu di kampus biru IIB Darmajaya dapat dimanfaatkan mahasiswa lainnya untuk berinteraksi dalam bahasa Internasional.

“Pergaulan internasional akan terjalin di kampus biru Darmajaya. Hal ini juga membuat kompetisi dalam pembelajaran akan meningkat dan berkualitas,” tandasnya. (**)

DIBACA 3.001 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *