Selasa , Agustus 20 2019
Home / NASIONAL / Anggota Satgas Bersama Warga Pasang Bronjong Kawat TMMD Pemalang

Anggota Satgas Bersama Warga Pasang Bronjong Kawat TMMD Pemalang

(pelitaekspres.com) – PEMALANG –  Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-104 di Desa Jatiroyom kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang diantaranya Pembangunan Rabat beton, pembangunan talud, Dan pembangunannya menggunakan bronjong kawat di dua titik panjang 28 meter  tinggi  5 meter dan panjang 20 meter tinggi 6 meter, Rabu (27/02/2019).

Menurut Dansatgas TMMD reguler 104, Letkol Inf. Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han)  mengatakan, pilihan kawat bronjong dalam pembangunan talud, karena bronjong yang terbuat dari kawat baja lebih kuat dan kokoh dalam kegiatannya lebih tahan lama.

Bronjong  terbuat dari anyaman kawat baja berlapis seng yang pada penggunaannya diisi batu-batu untuk mencegah erosi yang dipasang pada tebing-tebing dan tepi-tepi sungai. Fungsinya sebagai penahan tebing di pinggiran sungai. Setelah di pasang bronjong kawat diisi bebatuan untuk menahan tanah agar tidak mudah longsor, sehingga tebing tidak mudah tergerus air sungai yang deras, Tambahnya.

“Pembuatan talud dengan bronjong banyak digunakan karena biayanya lebih murah dan efisiensi, karena biaya lebih murah. Cara pembuatan talud lebih cepat dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, ini untuk mencegah longsornya badan jalan tersebut. “Mengingat cuaca sekarang tidak menentu sehingga pembuatan talud dengan bronjong adalah solusi yang tepat dan cepat. ungkapnya. Danramil Bodeh Kapten Inf. Teguh Wibowo. (0711)

 

DIBACA 7.359 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *