Rabu , November 14 2018
Home / POLITIK / Andi Surya: Jembatan Way Umpu Menghawatirkan, Harus Segera Diatasi

Andi Surya: Jembatan Way Umpu Menghawatirkan, Harus Segera Diatasi

(pelitaekspres.com)-BANDARLAMPUNG-Senator Lampung Andi Surya, meninjau kondisi jembatan Way Umpu di Kabupaten Way Kanan (25/10/2018) di Kampung Way Umpu. Dalam kunjungan itu Andi Surya melihat dan memperhatikan lalu lalang kenderaan baik pribadi, bis, truk muatan sedang hingga berat termasuk truk batubara.

“Kami bersama staf DPD RI melakukan peninjauan atas dasar laporan masyarakat bahwa jembatan Way Umpu saat ini sangat mengkhawatirkan karena dilalui oleh truk batubara yang melebihi tonase. Saya bediri di sisi jembatan, lubang yang menganga ditutupi plat besi baja tebal, ketika truk barang lewat jembatan ini bergetar hebat, ini artinya jembatan Way Umpu telah bekerja melebih batas kapasitasnya. Saya khawatir suatu saat bisa saja jembatan ini ambruk dan memakan korban ” Ujar Andi Surya.

Disebutkan Andi Surya, jembatan Way Umpu ini merupakan urat nadi jalur distribusi barang dan jasa Pulau Sumatera menuju Jawa atau sebaliknya sehingga jika jembatan ini ambruk dan ruas jalan menjadi rusak bergelombang maka akan mengganggu stabilitas ekonomi secara nasional. “Oleh karenanya, Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten harus segera mengambil tindakan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat mengatasi masalah jembatan ini. Untuk sementara, saya sudah mendengar bahwa pemerintah Kabupaten Way Kanan berencana menutup sementara jembatan ini”. Urai Andi Surya.

“Menurut saya, tidak cukup dengan menutup sementara untuk diperbaiki, tetapi koordinasi pemda juga harus melibatkan pemerintah pusat karena jembatan ini berada di jalan negara, agar dimungkinkan rencana membangun jembatan baru di sisi kiri atau kanan jembatan sehingga dengan demikian akan ada dua jalur jembatan nantinya. Kami juga secara kelembagaan parlemen akan memberitahukan kondisi jembatan kepada kementerian terkait agar segera menjadi perhatian pemerintah pusat.” Tutup Andi Surya. (TeAm)

DIBACA 6.531 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *