Selasa , Juli 17 2018
Home / PENDIDIKAN / Ingat Tanggalnya, Lomba Peksimida Lampung 2018 di IIB Darmajaya

Ingat Tanggalnya, Lomba Peksimida Lampung 2018 di IIB Darmajaya

(pelitaekspres.com)-BANDAR LAMPUNG—Tiga tangkai lomba akan dihelat di kampus biru Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, pada Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Lampung 2018. Kegiatan itu akan digelar 9 dan 10 Agustus 2018, memperebutkan hadiah piala dan piagam. Ketiga tangkai lomba itu adalah, lomba foto, lomba melukis, dan lomba desain poster. “Untuk Peksimida Lampung 2018 ini, lomba melukis, desain poster, dan melukis di gelar di Kampus IIB Darmajaya,” Kepala Biro Kemahasiswaan IIB Darmajaya Dedi Putra, S.E., M.S.Ak, Kamis (12/7/2018).

Dedi menjelaskan Pesiminas digelar oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia. “Para juara dari Peksimida Lampung 2018 ini, berhak mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Pesiminas) 2018. Formulir pendaftaran Peksimida untuk lomba melukis, desain poster, dan lomba melukis dapat diunduh di https://is.gd/n25OC4,” kata Dedi. Untuk lomba foto, kata dia, tema akan diumumkan sesaat sebelum lomba dimulai. Kategori lomba, berwarna, hitam putih, kamera DSLR/mirrorless dan merek tidak ditentukan. Selain itu, hunting lokasi dan waktu diumumkan sesaat lomba dimulai. “Pendaftaran lomba foto Rp100 ribu per peserta,” kata dia.

Kemudian, lanjut Dedi, untuk lomba melukis, tema ‘Merajut Budaya Nusantara’ dengan materi seni lukis dua dimensi. Teknik lukis bebas, alat dan bahan lukis dibawa sendiri oleh peserta. “Sedangkan kanvas akan disediakan oleh panitia. Biaya pendaftaran Rp150 ribu,” kata Dedi.
Sedangkan lomba poster mengambil tema ‘Merajut Budaya Nusantara’ dengan materi menggunakan komputer (boleh menggabungkan karya foto dan scanning dengan teks sofeware, freehand). Atau corel draw atau fotosoft atau ilustrator. “Alatnya, peserta membawa sendiri. Pendukung kamera untuk pembuatan image.

Biaya pendaftaran Rp100 ribu,” kata dia.
Sementara, Wakil Rektor III IIB Darmajaya Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., menjelaskan peserta adalah mahasiswa yang ada di Lampung. Dia berharap kegiatan ini dapat diikuti banyak peserta. Mengingat, para juara di masing-masing kategori lomba akan diikutsertakan pada Peksiminas,” kata dia.
Muprihan juga menjelaskan Pesimida Lampung 2018 merupakan pekan seni mahaswa tingkat Provinsi Lampung. Banyak cabang lomba yang digelar di berbagai kampus yang ada di Lampung. “Tahun ini, untuk lomba lukis, desain poster, dan lomba foto digelar di Kampus IIB Darmajaya,” kata dia.

Muprihan juga menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda tahunan bagi mahasiswa pecinta seni yang ada di Lampung. “Kami berharap, siapa pun yang lolos mengikuti Peksiminas tahun ini, bisa menunjukkan kemampuan terbaik untuk membawa nama Lampung di kancah nasional. Mahasiswa kami dari IIB Darmajaya siap ambil bagian di perhelatan tingkat nasional mendatang,” kata dia. (**)

DIBACA 2.264 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *