Jumat , April 27 2018
Home / NASIONAL / Satgas TMMD Arahkan Murid SD Dengan Pendekatan Dongeng

Satgas TMMD Arahkan Murid SD Dengan Pendekatan Dongeng

(pelitaekspres.com) – PURBALINGGA – Menjadi seorang prajurit TNI tidak hanya sebatas menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seorang prajurit TNI terutama yang bertugas di satuan teritorial harus serba bisa hidup di lingkungan masyarakat. Salah satunya adalah harus ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa.

Serka Ratman, Satgas TMMD yang bertugas di Koramil 09/Karangreja salah satunya, dia membantu para guru SD N 1 Karangjambu untuk memberikan sedikit wawasan tentang kebangsaan. Kali ini Ratman menggunakan pola mendongeng untuk mengarahkan para murid SD tersebut. Metode ini terbukti efektif membangun semangat, pola pikir serta kedekatan emosional antara siswa dengannya. Senin (16/4/18).

“Pola mendongeng saya terapkan mengingat para murid sekolah dasar masih anak-anak, butuh sesuatu yang baru seperti bermain dan bercerita sehingga mereka cepat menangkap apa yang akan disampaikan” terangnya.

Ratman, kesehariannya diploting dalam sasaran pengerasan jalan Makadam TMMD sepanjang 1.975 meter selama berlangsungnya gelaran TMMD Reguler Ke-101 Kodim 0702/Purbalingga. Namun dirinya juga diberikan keleluasaan untuk membangun desa melalui non fisik TMMD, yang salah satunya sedang dilakuknnya.

Dalam kegiatan itu para murid terlihat begitu antusias mengikuti pelajaran yang diberikan olehnya. Tidak lupa selain wawasan kebangsaan, dia memberikan ilmu-ilmu dasar bahasa Indonesia, agama, Pancasila maupun lagu-lagu kebangsaan.

“Pelajaran yang saya berikan kepada ke-32 anak tersebut juga sesuai dengan kemampuan mereka yang masih duduk di bangku SD, seperti ilmu-ilmu dasar agama, bahasa Indonesia, Pancasila dan lagu-lagu kebangsaan. Dengan menjadi guru untuk murid-murid disini, saya juga ikut memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui sasaran non fisik TMMD” jelasnya.

Apa yang dilakukan prajurit TNI ini patut di apresiasi, karena selain menjaga ketahanan negara, mereka ikut juga memperhatikan pendidikan generasi muda di wilayah desa binaannya. (rls)

DIBACA 8 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *