Minggu , Juli 22 2018
Home / EKONOMI / AHASS Tunas Motor Beberkan Alasan Harus Mengganti Oli Mesin Kendaraan Secara Rutin

AHASS Tunas Motor Beberkan Alasan Harus Mengganti Oli Mesin Kendaraan Secara Rutin

(pelitaekspres.coma) – TELUKBETUNG – Oli memiliki beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin kendaraan motor. Dengan kata lain, semakin bagus kualitas oli yang melekat pada mesin motor anda, maka semakin bagus pula performa mesin yang akan dihasilkan.

Cara menjaga kualitas oli motor dapat berupa banyak hal, tergantung dari bagaimana anda merawat motor anda sendiri. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan motor secara wajar (tidak digunakan untuk balap ), melakukan servis motor secara rutin, hingga mengganti oli secara berkala.

“Kualitas oli lebih bergantung kepada lamanya penggunaan serta jarak yang ditempuh oleh kendaraan anda. Umumnya, proses penggantian oli pada motor Honda berkisar pada 4.000 kilometer. Tetapi untuk motor baru, pergantian oli jangka waktunya lebih cepat.Demi menjaga performa mesin motor anda agar tetap stabil, sebaiknya mengganti oli motor secara rutin setiap 2 bulan sekali atau 2.000 kilometer (tergantung dari intensitas pemakaian kendaraan motor dan kondisi jalan yang dilalui setiap harinya” ujar Arum selaku kepala bengkel/AHASS Tunas Motor.

Selain itu oli mesin juga mempunyai beberapa fungsi tambahan, yaitu :

  1. mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  2. Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  3. Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  4. Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

DIBACA 19 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *